Air Terjun Sipiso-Piso, Sumatera Utara

Jika kita berada di daerah perbukitan, sore menjelang dan kebetulan hujan gerimis mulai turun, bukan pacuan adrenaline yang muncul tetapi malah rasa kantuk yang datang. Ini terjadi selepas kami pulang dari Parapat. Hendak singgah sebentar di Air Terjun Sipiso-Piso sebelum kembali ke Kota Medan, Sumatera Utara.

Kondisi jalanan dari arah Parapat menuju Desa Tongging sangat baik. Desa Tongging adalah lokasi dimana Air Terjun Sipiso-Piso berada. Kami lewati beberapa kelokan dengan tikungan tajam. Salah satu teman sempat berkomentar bahwa kelokan ini mirip seperti kelokan 99.

Si Abang sopir yang selalu setia mengantar kami selama beberapa hari di Sumatera Utara langsung berkomentar, “Kelokan 99 dimana itu? Saya tahunya kelokan 9 di Padang”. Faktanya tidak ada kelokan 99, yang ada kelokan 9 di Padang dan tingkat kelokannya sangat berbeda. Di sini kelokannya menurut saya masih level menengah. Memang teman saya suka asal dan ujung-ujungnya dicatat di perhitungan buku dosa.

warung air terjun sipiso-piso
Pemandangan indah di kebun belakang warung makan

Loket masuk menuju Air Terjun Sipiso-piso seperti loket masuk Ancol, jumlah orang langsung dihitung dari dalam mobil. Setelah masuk, kami bukannya langsung mencari tangga untuk turun ke air terjun malah pergi mencari warung makan. Udara di sini sejuk dan nyaman. Kami pilih sebuah warung makan sederhana yang menyediakan menu yang sederhana juga. Tapi dengan suhu udara seperti itu makan apa saja memang terasa enak, apalagi disajikan panas-panas ditemani film serial jadul dari korea, Endless Love.

anak tangga air terjun sipiso-piso
Ratusan anak tangga menuju air terjun Sipiso-piso terlihat dari atas

Ibu penjaga warung menyarankan kita tidak perlu menuruni ratusan anak tangga untuk melihat air terjun Sipiso-Piso karena sudah bisa terlihat dari berbagai sudut. Bahkan dari tempat parkir saja kelihatan. Lagipula sudah kesorean, sementara butuh waktu lebih dari satu jam untuk turun dan naik lagi. Waktunya tidak cukup karena hari sudah mulai gelap. Gerimis membuat tangga-tangga itu licin. Ya sudah, kita santai saja menikmati pemandangan indah di sekitar air terjun.

air terjun sipiso-piso
Derasnya Air Terjun Sipiso-piso terlihat seperti hunjaman pisau-pisau yang membelah tanah dan batu di bawahnya. Karena itu dinamakan Piso-Piso yang artinya pisau-pisau. Air terjun ini terlihat megah keluar dari atas bukit yang tinggi.

Tidak lama kami di sini, datang satu bis pariwisata yang membawa turis. Sepertinya dari Malaysia, dilihat dari wajah mereka yang melayu, oriental dan India. Saya perhatikan, mereka orang yang sama pada saat kami ada di Tomok. Suatu kebetulan yang menyenangkan. Tampaknya mereka mengenali saya, lalu kami tersenyum satu sama lain.

lebih dekat ke air terjun sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-Piso dilihat lebih dekat

coretan tangan jahil air terjun sipiso-piso
Coretan tangan jahil di tembok merusak pemandangan

Dari atas bukit tempat kita berdiri bisa melihat Danau Toba dari kejauhan. Jadi kalau tidak sempat ke Danau Toba karena lokasinya yang agak jauh dari Medan, bisa sekalian melihat dari lokasi perbukitan Air Terjun Sipiso-Piso. Saat itu kabut sedikit menutupi, tetapi tetap terlihat indah.

pohon-pohon air terjun sipiso-piso
Pohon-pohon mendukung keindahan Air Terjun Sipiso-Piso

Sebelum matahari turun kami pulang. Membaca berita di koran setempat tentang kondisi Gunung Sinabung, membuat kita waspada. Jalanan ke arah Kota Medan sepi kendaraan. Dari kejauhan kita melihat gunung besar dengan kabut di atasnya. Karena tingkat paranoid meningkat dan pengetahuan yang minim, kami kira gunung tersebut adalah Gunung Sinabung yang sedang mengeluarkan awan panas. Kekhawatiran tadi dijawab oleh Abang Sopir kami dengan teriakan khas Sumatera Utara nya. “Bukaaaan itu Gunung Sibayak!!”

Air Terjun Sipiso-Piso Tongging Karo

Alamat : Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Lokasi GPS : 2.9162812, 98.5231773, Waze. Rujukan : Hotel di Berastagi, Tempat Wisata di Medan, Peta Wisata Medan, Hotel di Medan

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Sumatera Utara » Karo » Air Terjun Sipiso-Piso, Sumatera Utara
Tag : ,

Oleh Fina Hastuti. Penduduk Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, Indonesia. Senang keluyuran melihat pemandangan hilir-mudik ikan-ikan elok di lautan dan pencinta komik hiburan, suka berfikir praktis dan anti ribet. Melihat semua hal dalam hidup dengan cara yang indah saja. Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 3 Agustus 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap