Air Terjun Dolo Kediri

Air terjun Dolo Kediri berada sekitar 4 km dari lokasi Air Terjun Irenggolo, dan masih berada di wilayah Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, namun harus melewati jalanan yang cukup sulit dengan tanjakan-tanjakan terjal untuk sampai di lokasi parkir.

Setelah sampai di area parkir, pejalan harus menuruni undakan yang panjangnya 750 meter, dengan lebih dari 1000 anak tangga. Ketinggian Air Terjun Dolo mencapai sekitar 125 m, dengan debit air yang tidak begitu besar, namun ketinggian air terjun serta tebingnya cukup menarik untuk dilihat. Di tempat ini juga ada area untuk berkemah

Kata Dolo berarti sesuatu yang menggantung, karena konon dahulu ada sebuah pohon besar di sebelah air terjun, dimana menggantung sebuah benda misterus yang kadang terlihat kadang tidak.

Sebagian masyarakat setempat percaya bahwa di kawasan ini ada penjaga ghaib yang bernama Ki Wasis Curigo Noto, sehingga ada pantangan bagi orang yang ingin berkunjung, yaitu tidak boleh bersiul, tidak boleh bertepuk tangan, tidak boleh bersenda gurau secara berlebihan, dan tidak boleh pula mengambil hasil alam secara berlebihan. Wallahua’lam.

Air Terjun Dolo KediriAlamat : Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Lokasi GPS : -7.870035, 111.835263, Waze. Rujukan : Tempat Wisata di Kediri, Peta Wisata Kediri, Hotel di Kediri.

Share | Tweet | WA | Email | Print!
Home » Air Terjun Dolo Kediri

By Bambang Aroengbinang. BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA. Subscribe via email for newly published posts. Updated on 14 Juli 2017.