Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan

Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan adalah tempat pertama yang kami datangi di Kuningan, Jawa Barat. Pemandian air panas ini merupakan pemandian terkenal yang ada di daerah itu, dan layak mampir ke sana untuk melemaskan otot sebelum masuk ke Kota Kuningan.

Pemandian lainnya selain Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan ada di hotel berjarak relatif dekat. Salah satunya air panas di Tirta Sanita Spa Resort Hotel, yang kabarnya juga mengelola Pemandian Air Panas Tirta Sanita yang berada di daerah Ciseeng, Kabupaten Bogor.

Kami datang dari arah Cirebon, mengikuti jalan berkelok cukup lebar dan mulus. Dari jalan utama Cirebon – Kuningan, sebelum sampai di Kota Kuningan, kami berbelok ke kiri pada GPS -6.829625,108.543549, dan masuk ke dalam mengikuti jalan sekitar 4km untuk sampai di Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan yang berada di pojok jalan.

pemandian air panas sangkanurip
Di dalam area Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan ada sebuah kolam renang air dingin cukup elok yang disebut sebagai Kolam Renang Luncuran Naga, karena bentuk kepala Naga yang indah di puncak luncuran dan lidah Naga sebagai papan luncurnya. Di ujung kolam terdapat kolam renang air dingin dangkal yang diperuntukkan bagi anak-anak.

Di sisi sebelah kiri Kolam Renang Luncuran Naga itu terdapat sejumlah tempat duduk yang terbuat dari semen beton di bawah payung-payung peneduh yang cukup nyaman. Pengunjung bisa menggunakannya untuk beristirahat sejenak, menikmati suasana sekitar yang hawanya cukup sejuk, sambil menikmati makanan dan jajanan khas setempat. Hawa di wilayah Kuningan memang cukup sejuk karena berada di kaki gunung.

pemandian air panas sangkanurip
Foto di atas adalah kolam terbuka di Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan yang suhunya 36°C – 42°C. Lumayan panas. Air di Pemandian Air Panas Sangkanurip ini konon kaya akan mineral dan memiliki kadar yodium tinggi, yang dipercaya membantu menyembuhkan penyakit rematik dan penyakit kulit, serta untuk mengendurkan otot-otot yang kaku.

Hal menarik lainnya yang bisa dinikmati para pengunjung adalah keindahan panorama Gunung Ceremai yang terlihat di kejauhan, yang menjadi latar belakang kolam renang air dingin Luncuran Naga. Selain itu karena di wilayah perbukitan, hawanya di sini sejuk yang membuat tempat ini terasa cukup nyaman.

Gunung berapi kerucut ini sebagian masuk wilayah Kuningan dan sebagian lagi masuk wilayah Majalengka, dengan ketinggian 3.078 mdpl, tertinggi di Jawa Barat. Gunung dengan kawah ganda ini pada ketinggian sekitar 2.900 m dpl di lereng selatan ada bekas titik letusan yang dikenal sebagai Gowa Walet. Gunung ini sekarang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai yang luas totalnya mencapai sekitar 15.000 hektare.

pemandian air panas sangkanurip
Pemandangan pada lorong panjang yang menuju ke kamar-kamar mandi air panas utama dan eksekutif di Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan. Lorong ini berada di dalam bangunan yang ada di ujung kanan kompleks pemandian, hanya beberapa meter dari kolam rendam air panas yang terbuka. Kamar-kamarnya cukup bersih, meski sudah perlu perawatan lagi.

Untuk bisa menggunakan Ruang Tertutup Utama ini pengunjung waktu itu harus membayar tiket masuk Rp.9.000 per orang, sedangkan untuk memakai Ruang Eksekutif pengunjung dewasa harus membayar cukup mahal, yaitu Rp.30.000 per orang. Harga ini kemungkinan besar sudah naik lagi saat anda berkunjung ke sana.

pemandian air panas sangkanurip
Payung tenda Air Panas Sangkanurip Kuningan. Bila ingin bersantai setelah berendam air panas yang menyehatkan ini, pejalan bisa menunggu di depan loket untuk menyetop delman yang kosong. Delman yang ditarik kuda bisa disewa pejalan untuk berkeliling di sekitar Desa Sangkanhurip sambil menikmati pemandangan, dengan membayar sekitar Rp.25.000.

Jika ingin menikmati suasana yang lebih nyaman, serta kondisi ruangan berendam air panas yang lebih baik, lebih bersih, dan lebih berkelas, anda bisa menginap di Hotel Grage Spa Sangkan, Hotel Sangkan Indah, atau pun Tirta Sanita Spa Resort Hotel. Tentu saja harga yang harus dibayar akan lebih mahal dibanding di pemandian air panas ini.

Sesuai dengan namanya, lokasi Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan berada di Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan. Untuk mencapai tempat ini pengunjung perlu menempuh jarak sekitar 23 km atau sekitar 45 menit perjalanan darat dari Kota Cirebon ke arah Kuningan, atau sekitar 12 km dari Kota Kuningan.

Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan

Alamat : Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kuningan Kabupaten. Lokasi GPS : -6.8863925, 108.4996596, Waze ( smartphone Android dan iOS ). Jam buka : 07.00-20.00. Harga tiket masuk Rp.9.000, ruang eksekutif Rp. 30.000. Rujukan: Tempat Wisata di Kuningan lainnya, Peta Wisata Kuningan, Hotel di Kuningan. Galeri (8 foto) Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan : 1.Luncuran . 2.Kolam . 3.Ruangan . 4.Payung . 5.Anak . 6.Hiburan . 7.Loket s/d 8.Teras.

Matched content

Bagikan tulisan ini di : Facebook | Twitter | WhatsApp | Email atau Print!
Home » Jawa Barat » Kuningan » Pemandian Air Panas Sangkanurip Kuningan
Tag : ,

Oleh Bambang Aroengbinang.

BA lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Seorang blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kontak BA.

Subscribe via email untuk kabar tulisan terbaru. Diperbarui pada 17 Oktober 2017.

Sebelumnya : «
Berikutnya : »
Lihat pula : Sitemap