22 Tempat Kuliner Di Solo

Home » Jawa Tengah » Solo » 22 Tempat Kuliner Di Solo
Cari | Share | Tweet | WA | Print!.

Di bawah ini adalah catatan tentang beberapa tempat 22 Tempat Kuliner di Solo. Informasi kuliner di Solo atau Surakarta ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia. Silahkan berbagi informasi jika ada tempat kuliner Solo asik yang anda ketahui agar pejalan lain bisa ikut menikmatinya.

Lihat juga tulisan tentang Tempat Wisata di Solo, Peta Wisata Solo, serta Hotel di Solo.

1. Bakmi Toprak
Terdiri dari mi kuning, irisan kol, tahu tempe goreng, telur, sosis, disiram kuah kaldu bening berisi tetelan daging sapi, bawang goreng dan seledri, ditambah karak. Ada di Warung Mie Thoprak Yu Nani, Kartopuran. Buka 11.00.

2. Cabuk Rambak
Ketupat / gendar Janur, bumbu Cabuk Rambak memakai wijen goreng dengan santan kelapa, cabai, bawang putih, kemiri, dan gula merah, dan Karak(kerupuk beras). Dijajakan keliling di Solo

3. Dawet Ayu Pasar Gede
Berisi cendol tepung beras atau onggok, ketan hitam, selasih, disiram sirup gula kelapa. Ada di dalam Pasar Gede. Buka pagi.

4. Gempol Pleret
Terdiri dari bulatan beras kasar berdiameter sekitar 1,5 cm, disiram kuah santan dan gula kelapa. Ada di depan toko Abon Varia, Coyudan di pagi hari.

5. Gudeg Ceker Bu Kusno
Gudeg, ceker empuk, sambal goreng krecek. Jl Wolter Mongunsidi, Solo. Buka 02.00

6. Gule Goreng
Gulai kambing berkuah santan kental dimasak diatas anglo sampai kering. Ada di Jl. Diponegoro depan RS. Kustati Pasar Kliwon.

tempat kuliner di solo

7. Intip
Kerak nasi yang dijemur kering, digoreng, ditaburi garam dan gula merah cair. Ada di Pasar Klewer, Pasar Jongke, Pasar Singosaren, depan Toko Orion, dan di sebelah utara Mangkunegaran.

8. Nasi Liwet Wongso Lemu
Nasi liwet, sayur labu siam, telur pindang rebus, daging ayam, kumut (kuah santan kental). Keprabon, Solo. Buka 18.00

9. Pecel nDeso
Nasi merah, pecel, sambal wijen putih atau hitam, belut goreng, wader pari goreng, telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak, iso goreng. Jl Dr. Supomo 55, Solo

10. Sambel Tumpang
Nasi putih ditumpangi rebusan bayam, taoge, kacang panjang dan disiram kuah kental campuran santan dan tempe semangit yang biasanya ada tahu putih, telur dan krecek. Ada di Seputaran Stadion Manahan mulai pagi.

11. Sate Buntel
Sate yang dibuat dari daging kambing yang di cincang. Jl Sutan Syahrir 39, Solo

12. Sate Kere Yu Rebi
Sate Tempe Gembus, sate paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, babat, disajikan dengan bumbu kacang. Sebelah Stadion Sriwedari, Solo

13. Serabi Solo
Terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, santan, dengan toping polos, coklat, nangka, atau irisan pisang. Ada di Serabi Notosuman di Jl. Moh Yamin Notosuman dan warung-warung di Jl. Slamet Riyadi. Buka sore hari.

14. Selat Segar Mbak Lies
Salad yang terdiri dari daging iris tipis, rebusan buncis, kentang, wortel, telur pindang, mayonaise, dan disiram kuah kecap encer. Ada di Serengan. Buka pukul 09.00.

15. Selat Segar RM Kusuma Sari
Di Perempatan Nonongan. Buka jam 09.00.

16. Soto Gading
Disajikan bersama nasi putih dalam satu mangkuk. Jl. Brigjen Sudiarjo Gading. Buka 09.00.

17. Tahok
Terbuat dari ampas kedelai yang dibuat menggumpal seperti agar-agar, disiram kuah gula dan jahe. Ada di sebelah utara Kretek Gantung, Lodji Wetan dan di selatan Pasar Gedhe.

18. Tengkleng
Semacam gulai kambing namun tidak memakai santan, berisi tulang-tulang kambing dengan sedikit daging, sate usus, sate jeroan, dan otak. Samping Gapura Pasar Klewer, Solo. Buka dari pagi

19. Timlo Pasar Gede
Makanan berkuah bening berisi sosis ayam yang di potong-potong, telur ayam pindang, irisan hati dan ampela ayam. Buka 07.00

20. Timlo Urip Suomoharjo
Makanan berkuah bening berisi sosis ayam yang di potong-potong, telur ayam pindang, irisan hati dan ampela ayam. Buka 09.00 – 21.00.

21. Wedangan Cangkir Blirik
Warung wedangan dengan menu nasi kucing, nasi teri, nasi oseng, dengan sambel, sate kikil, kerang, wader, jadah bakar, Teh Cabli (Cangkir Blirik), JKJ (jahe kencur jeruk), dll. Ada di Jl. Banyuanyar Selatan No. 22B Solo. Buka 17.00.

22. Wedang Dongo
Minuman hangat terdiri dari bulatan tepung ketan berisi kacang tumbuk dan irisan kolang kaling, disiram air jahe manis. Ada di Warung Klengkeng, Keprabon. Buka sore hari.

Silahkan berbagai untuk melengkap data tempat wisata kuliner di Solo ini.

Share | Tweet | WA | Email | Print! | Tag:

Oleh Bambang Aroengbinang. Lahir di Desa Mersi, Purwokerto, Jawa Tengah, sekarang tinggal di Jakarta. Blogger dan pejalan musiman yang senang berkunjung ke situs, makam, dan tempat bersejarah. Menyukai pemandangan daratan subur dan pegunungan hijau ketimbang laut. Kirim pesan ke BA lewat email, atau lewat WA jika ingin menjadi penulis di Aroengbinang. Diperbaiki 19 Maret 2017.

Lalu «
Baru » »