Tempat Wisata di Tasikmalaya

Tulisan ini merupakan catatan awal Tempat Wisata Tasikmalaya. Tasikmalaya adalah nama Kota Madya dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat, berbatasan dengan Garut di Timur, dataran tinggi Pegunungan Galunggung di Barat Daya sampai Barat Laut, Majalengka di Utara, Ciamis di Tenggara, dan Samudera Hindia di Selatan.

Selain sebagai tempat tujuan wisata serta budaya tradisionalnya, Tasikmalaya juga terkenal dengan produk kerajinan tangannya yang bermutu baik.

Tulisan Tempat Wisata di Tasikmalaya dan peta wisata Tasikmalaya ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata Tasikmalaya

Lihat Peta Wisata Tasikmalaya, Hotel di Tasikmalaya

Air Panas (Cipanas) Cipacing
Desa Banjarsari, Kec Sukaresik, 23 km dari pusat kota Tasikmalaya, dengan bak rendam dan kolam renang air panas yang bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit.

Batu Pancangkeupan
Tidak tersedia informasi yang jelas tentang dimana dan apa yang dinamakan dengan Batu Pancangkeupan yang berada wilayah di Tasikmalaya ini.

Curug Citiis
Desa Padakembang, Padakembang, 20 km dari Kota Tasikmalaya, airnya sangat dingin; ada makam Eyang Prabu Semplak Waja, Eyang Tajimalela dan Eyang Susuk Tunggal.

Curug Dengdeng
Sungai Cikembang, Dusun Sangkali, Desa Cogreg, Cikatomas, berupa air terjun bertingkat tiga dengan ketinggian 13m, 11m dan 9 m, 1 jam berjalan dari Dusun Tawang.

Gua Daha
Desa Cikalong, Kec Sodonghilir, 50 km dari Kota Tasikmalaya, ada Makam Syekh Tubagus Anggarriji, murid Syehk Abdul Muchyi Pamijahan.

Gunung Galunggung
Kec Sukaratu, 20 km Kota Tasikmalaya, dengan pemandian air panas Galunggung. Dari air panas ini pejalan bisa menuju ke kawah Gunung Galunggung sejauh 3 km.

Jembatan Kuno Cirahong
Kec Manonjaya; dibangun Belanda pada 1893, berfungsi sebagai jembatan kereta api di atas, di bawahnya bisa dilewati minibus, melintang 75 m di atas Sungai Citanduy.

Kampung Naga
Desa Neglasari, Salawu, 30 km dari Tasikmalaya berupa permukiman tradisional Sunda, dicapai dengan menuruni 360 anak tangga berkelok hingga ketepi sungai Ciwulan.

Makam Syeh Abdul Muchyi
Berupa gua dan makam di Desa Pamijahan, Kec Bantarkalong, 65 Km dari pusat Kota Tasikmalaya. Konon Syeh Abdul Muchyi adalah murid Syeh Abdul Khodir Jaelani.

Masjid Agung Manonjaya
Desa Manonjaya, 12 km dari pusat kota, dibangun pada 1834 oleh R.T. Danuningrat di masa Kerajaan Sukapura, cikal bakal Tasikmalaya.

Museum Sukapura
Sukaraja yang menyimpan peninggalan bekas Pemerintahan Kabupaten Sukapura, seperti senjata dan peralatan pemerintahan, yang didirikan Belanda pada 1632.

Pantai Cipatujah
Kec Cipatujah, 74 km dari kota Tasikmalaya, berpasir putih bertebing curam, dengan muara sungai Cipatujah yang bisa digunakan untuk memancing.

Pantai Karangtawulan
Kalapagenep, Desa Cimanuk, Kec Cikalong, 97 Km dari Kota Tasikmalaya, dengan pantai yang agak landai, dan atol yang pada musim tertentu dihuni berbagai jenis burung.

Pantai Pamayangsari
Kec Cipatujah yang merupakan pelabuhan nelayan Tasikmalaya, dan tempat penangkaran penyu hijau. Setiap awal bulan Muharam, diadakan Ritual Syukur Laut.

Pantai Sindangkerta
Desa Sindangkerta, Kec Cipatujah, dengan taman laut luas yang disebut Taman Lengsar, dan tempat penangkaran penyu hijau. Di pantai ini pengunjung bisa berenang.

Perkebunan Teh Taraju
Berupa kawasan perkebunan teh seluas 8.027 ha di kecamatan Culamega, Bojonggambir, Salawu, Sodonghilir, dan Taraju, 45 Km dari pusat Kota Tasikmalaya.

Pusat Kerajinan Tangan Rajapolah
Desa Rajapolah, 12 Km dari Tasikmalaya, menjual barang kerajinan Tasikmalaya, seperti Bordir, Payung Tasik, Kelom Geulis dan Batik Tulis, anyaman bambu, dll.

Situ Denuh
Desa Cikuya, Culamega, 100 km dari Tasikmalaya; ada Gua Binuang, Gua Cikuda Hilang, Gua Pasir Leungit, Gua Potong Kujang, Makam Eyang Jantaka, Situs Bale Kembang, dll.

Situ Gede
Desa Lingga Jaya, Kec Mangkubumi; danau seluas 47 Ha berkedalaman 1,5 – 6 m; pulau seluas 1 Ha dengan makam Eyang Prabudilaya, bisa naik rakit, memancing, dan berkemah.

Situ Lengkong
Di Panjalu, 40 km dari Kota Tasikmalaya, berupa danau buatan; ada Pulau Nusa Larang seluas 16 ha; pengunjung dapat menyewa perahu untuk berkeliling danau.

Situ Sanghiyang
Desa Cilolohan dan Desa Cibalanarik, 27 km dari pusat Kota Tasikmalaya; ada makam Prabu Linggawastu, tempat berkemah, dan penyewaan rakit.

Situs Lingga Yoni
Puncak bukit Gunung Kabuyutan, Kampung Sindanglengo, Indihiang, 8 km dari pusat Kota Tasikmalaya di dekat jalan besar, benda peningalan kebudayaan Hindu.