Tempat Wisata di Ponorogo

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Ponorogo. Ponorogo yang berada di Jawa Timur, berbatasan dengan Magetan dan Madiun di Utara, Tulungagung dan Trenggalek di Timur, Pacitan di Barat Daya, serta Wonogiri di Barat, dengan kode area telepon 0352.

Tulisan Tempat Wisata Ponorogo dan Peta Wisata Ponorogo ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Ponorogo

Air Terjun Juruh Klenteng
Desa Tumpuk, Kecamatan Sawoo, 25 km dari Kota Ponorogo arah ke Trenggalek, dengan ketinggian 50 m.

Air Terjun Pletuk
Dusun Jurug, Kec. Sooko, Ponorogo, dengan air terjun setinggi 30 m, dan ada area panjat tebing, bumi perkemahan, outbond, dan agro wisata.

Air Terjun Sunggah
Desa Selur, Kec. Ngrayun, dengan ketinggian 50 m. Tidak jauh dari situ terdapat Watu Semaur, tebing di tengah padang rumput setinggi 125 m untuk panjat tebing.

Grebeg Suro
Setiap tanggal 1 Suro yang juga merupakan hari lahir Kota Ponorogo, dengan Kirab Pusaka peninggalan Kerajaan Wengker, dan fina Festival Reog Internasional di alun-alun pada malam harinya.

Larung Doa
Setiap tanggal 2 Suro di Telaga Ngebel, dimana nasi tumpeng dan kepala kerbau dilarung bersama doa ke tengah-tengah Danau Ngebel, yang dikelilingi oleh Gunung Wilis.

Makam Batoro Katong
Merupakan makam penguasa pertama dan penyebar Islam di Ponorogo, yang membabat hutan pada 1486 dan diberi nama Prana Raga yang kemudian menjadi Ponorogo.

Masjid Tegalsari
Desa Tegalsari, Kec. Jetis, dibangun abad XVII oleh Kyai Ageng Hasan Besari, berarsitektur Jawa dengan 36 tiang, kitab berusia 400 tahun yang ditulis Ronggo Warsito.

Sendang Tirto Waluyojati
Desa Klepu, Kec. Sooko, diresmikan pada 27 Mei 1988, yang merupakan tempat ibadah penganut Katolik, dengan sebuah Patung Maria.

Taman Ngembag
Kecamatan Siman, 3 km dari pusat kota, berupa mata air yang dilengkapi taman bermain, kolam renang anak, dan panggung hiburan.

Telaga Ngebel
Berjarak 25 km dari pusat Kota Ponorogo, di pinggang Gunung Wilis, dengan jalanan turun naik terjal dan berkelok, dikelilingi hutan rimbun yang sangat alami.