Tempat Wisata di Pekalongan

Catatan lengkap Tempat Wisata di Pekalongan, Jawa Tengah. Pekalongan adalah nama Kota Madya dan Kabupaten dengan ibukota kabupaten berada di Kota Kajen, 25 km sebelah Selatan Kota Pekalongan. Pekalongan berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah Utara, Batang di Timur, Banjarnegara di Selatan, dan Pemalang di sebelah Barat.

Pekalongan, dengan kode area 0285, memiliki pelabuhan perikanan terbesar di Pulau Jawa, tempat transit dan pelelangan ikan nelayan dari berbagai daerah. Kuliner khas Pekalongan adalah megono (irisan nangka dicampur sambal bumbu kelapa), petai dan ikan bakar. Lihat pula Hotel di Pekalongan dan Peta Wisata Pekalongan.

Tempat Wisata di Pekalongan

Curug Cinde » Desa Depok, Kecamatan Lebak, 24 km dari Kota Kajen, yang dicapai melalui jalan setapak selama 2 jam dengan berjalan kaki dari Desa Depok.

Curug Muncar » Air terjun setinggi 40 m di Desa Curug Muncar, Petungkriyono, 1,5 jam dengan sepeda motor dan lebih lama lagi dengan naik mobil, tergantung kondisi jalan.

Bumi Perkemahan » Bumi perkemahan seluas 4 ha di Dusun Dranan, Desa Yosorejo, Pekalongan, yang telah dilengkapi dengan sarana MCK, Pendopo, Pos Jaga dan juga tempat bermain anak.

Ekowisata Petungkriyono » Kecamatan Petungkriyono, di lereng Gunung Ragajambangan, 30 km dari Kota Kajen, berhawa sejuk, dengan air terjun, bumi perkemahan dan peninggalan sejarah.

Garang Asem H Masduki » Kompleks Travel Alun-alun Kota Pekalongan

Kelenteng Po An Thian » Jl. Blimbing No. 3-5-7, Nama Po An Thian atau Bao An Dian berarti “Istana Mustika Keselamatan”, didirikan pada 1882.

Linggo Asri » Di tepi jalan provinsi Pekalongan – Banjarnegara, dengan pemandian, arena taman bermain, hutan pinus, kebun binatang mini, kolam renang, penginapan, dan lingga – yoni.

Makam Adipati Jayeng Rono » Desa Kauman Kec. Wiradesa

Makam Keramat Sapuro » Makam Habib Ahmad bin Abdullah binThalib Al Athas, sekitar 100 meter dari jalan Jendral Sudirman, 5oo meter dari perempatan Ponolawen ke arah timur, atau 2 kilometer ke arah barat dari Terminal Induk Kota Pekalongan.

Masjid Wakaf » Jl Surabaya No. 47, Sugih Waras, Pekalongan.
Makam Mbah Agung Rogoselo » Kecamatan Doro Pekalongan
Makam Mbah Gendhon » Desa Kauman Kec. Kesesi
Makam Ibu Agung Siti Ambariyah » Desa Bukur, Kecamatan Bojong Pekalongan
Makam Ki Ageng Penatasangin » Desa Rogoselo, Kecamatan Doro
Makam Syekh Siti Jenar » Desa Lemah Abang, Kecamatan Doro Pekalongan

Masjid Aulia Sapuro » Lokasinya berjarak 37 km dari pusat kota di tengah pemakaman Sapuro, Pekalongan Barat, yang berdiri sejak 1714 dengan tiang penyangga sisa pembangunan Masjid Demak, ada Al-Quran raksasa.

Masjid Jami’ Kauman » Jl. KH Wahid Hasyim, depan Alun-alun Kota Pekalongan, dibangun oleh Tumenggung Adinegoro Aryo Wiryo Pekalongan pada 1852.

Museum Batik Nasional » Jl. Jatayu No 3, dengan koleksi batik dari Jogja, Surakarta, Cirebon, Pekalongan, Lasem, Rembang, Tuban dan Sidoarjo, serta batik kuno.

Pantai Depok » Desa Depok, Kecamatan Siwalan, dengan arena bermain anak-anak dan sejumlah tempat berteduh untuk menyaksikan panorama pantai dari jarak jauh.

Pantai Pasir Kencana » Dekat Tempat Pelelangan Ikan dan Muara Pelabuhan Pekalongan, 4,5 km dari Kota Pekalongan, dengan matahari terbit dan terbenam, pengunjung bisa menyewa perahu nelayan.

Pantai Slamaran » Sebelah timur Pantai Pasir Kencana, 5 km dari pusat kota, terkenal dengan legenda Ratu Pantai Utara Pekalongan, Dewi Lanjar, dengan matahari terbit dan terbenam.

Pantai Wonokerto » Desa Wonokerto, Wonokerto, 5 km dari Jalan Raya Wiradesa, yang merupakan perkampungan nelayan dengan sedekah laut pada bulan Dhulkaidah.

Pasar Grosir Batik Setono » Jl. Raya Baros, di Jalan Raya Cirebon – Semarang, sekitar 3 km dari pusat Kota Pekalongan.

Pemandian Air Panas Tirto Bumi » Jl. Jend. Sudirman No. 135 Pekalongan dengan air panas yang alami, mengandung belerang.

Petilasan Sunan Ampel » Dukuh Kaso Tengah, Desa Doro, Kecamatan Doro.
Pohon Beringin Trembesi » Jl Patiunus

Rekreasi Terpadu » Sebelah pelabuhan Pekalongan, 4 km dari pusat kota, dengan beragam hiburan seperti akuarium ikan laut dan air tawar, dan taman bermain anak.

Watu Ireng » Desa Lambur, Kandangserang, 17 km dari Kota Kajen, berupa batu hitam besar yang bagian dalam batunya diduga memiliki rongga.

Wisata Alam Lolong » Desa Lolong, 6 Km dari Kota Karanganyar, terkenal dengan buah duriannya, dan jembatan batu melengkung sepanjang 25 m yang dibangun Belanda pada tahun 1927.

Wisata Alam Rogoselo » Desa Rogoselo, sekitar 14 km dari Kota Doro, berupa cagar alam Arca Baron Sekeber dan Makam Ki Gede Atas Angin.

Terkait Tempat wisata di Pekalongan: Hotel di Pekalongan . Peta Wisata Pekalongan . Wisata Kabupaten Pekalongan . Wisata Kota Pekalongan.

Bagi di: Facebook . Twitter . Google+1 . Email . Print!