Tempat Wisata di Magetan

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Magetan. Magetan, dengan kode area telepon 0351 berada di Jawa Timur, berbatasan dengan Ngawi di Utara, Madiun di Timur, Ponorogo dan Wonogiri di Selatan, dan Karanganyar di Barat yang berada di wilayah Jawa Tengah.

Magetan berada di lintas jalan utama Surabaya – Madiun – Yogyakarta. Jalur kereta api lintas selatan Pulau Jawa tidak melintasi Kota Magetan, namun berhenti di Stasiun Barat di Kecamatan Barat.

Gunung Lawu berada di bagian barat Magetan, dimana terdapat Telaga Sarangan. Magetan terkenal dengan kerajinan kulit, anyaman bambu, rengginang, jeruk pamelo (jeruk bali) dan krupuk lempeng.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Lihat juga Peta Wisata Magetan

Tempat Wisata di Magetan

Air Terjun Jarakan
Desa Ngancar Kecamatan Plaosan, sekitar 80 m di atas Air Terjun Watu Ondo, dengan ketinggian air terjun 35 meter.

Air Terjun Pundak Kiwo
Desa Ngancar, Kec Plaosan, di bagian paling atas rangkaian air terjun dan merupakan air terjun paling besar dengan ketinggian 45 meter.

Air Terjun Tirtasari
Setinggi 50m, sekitar 2,5 Km dari Telaga Sarangan, dengan naik kuda atau berjalan kaki, dengan pemandangan indah

Air Terjun Watu Ondo
Tempat Wisata Magetan Desa Ngancar, Kec Plaosan, di bagian paling bawah dari tiga air terjun pada satu aliran sungai di desa itu; yang kedua adalah Air Terjun Jarakan.

Argo Dumilah
Adalah puncak tertinggi Gunung Lawu (3.265 m dpl), dengan dua buah kawah tua di dekatnya, yaitu Kawah Telaga Kuning and Kawah Telaga Lembung Selayur.

Bumi Perkemahan Mojosemi
Berjarak 2 Km dari Telaga Sarangan, di wilayah Perhuani Lawu Selatan, dengan hawa sejuk, dan air pegunungan yang bersih.

Candi Reog
Dusun Sadon, Desa Cepoko, Kec Panekan, peninggalan jaman Raja Airlangga, masih tersisa arca Kalamakara, arca naga, umpak, dan yoni.

Candi Simbatan
Desa Simbatan, 17 Km dari Kota Magetan dimana terdapat Arca Dewi Sri yang pada dada kiri dan kanannya keluar air sumber yang bersih.

Cemoro Sewu
Merupakan jalur pendakian Gunung Lawu. Pendaki beristirahat di Cemoro Sewu menunggu jam pendakian (21.00 – 23.00) untuk melihat sunrise di puncak.

Kerajinan Gamelan Patihan Karangrejo
Usaha kerajinan pembuatan gong turun temurun di Kecamatan Karangrejo dengan bahan berasal dari campuran timah putih dan tembaga.

Makam G.B.R.Ay. Maduretno
Gunung Bancak Desa Giripurno, Km dari Kota Magetan; ada pula makam KPAH Ronggo Prawirodirdjo III, Adipati Maospati Madiun ke-3.

Taman Ria Manunggal
Berada sekitar 1 km dari kota Magetan dengan tempat bermain anak-anak, kolam renang dan rumah makan.

Prasasti Watu Ongko
Berupa prasasti peninggalan jaman Majapahit di jalur kembali dari rangkaian air terjun di Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan.

Puncak Lawu
Dalam kawasan ini terdapat Sumur Jolotundo, Lumbung Selayur, Pawon Sewu, Gua Selarong, Sendang Intan yang merupakan peninggalan Raja Brawijaya V.

Taman Ria Kosala Tirta
Desa Pandean, Kecamatn Maospati, dengan kolam renang bersih, area bermain anak-anak, di lingkungan dengan pepohonan rindang.

Telaga Sarangan
Letaknya 16 Km dari Kota Magetan, di kaki gunung Lawu, seluas 30 Ha dan kedalaman 28 m, dengan hotel, rumah makan, arena bermain dan berkuda.

Telaga Wahyu
Berada 2 Km ke dari Telaga Sarangan, seluas 10 Ha dan kedalaman 16 m, dengan tempat pemancingan, perkemahan, hawa sejuk, dan panorama indah.