Tempat Wisata di Magelang

Di bawah ini adalah catatan awal tentang Tempat Wisata di Magelang, Jawa Tengah. Wilayah Magelang, dengan kode area telepon 0293, berbatasan dengan wilayah Temanggung dan Semarang di Utara, Semarang dan Boyolali di Timur, DI Yogyakarta dan Purworejo di Selatan, Wonosobo dan Temanggung di Barat, dengan Kota Magelang berada di tengah-tengahnya.

Tulisan Tempat Wisata di Magelang dan peta wisata Magelang ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Peta Wisata Magelang

Untuk membuat rencana perjalanan ke Magelang, ada baiknya melihat dahulu semua lokasi tempat-tempat wisata di Peta Wisata Magelang.

Hotel dan Penginapan

Jika membutuhkan hotel atau penginapan di Kota Magelang, anda bisa menemukan daftar nama, alamat, dan nomor teleponnya di tulisan Hotel di Magelang

Tempat Wisata di Magelang

Wisata di Magelang bukan hanya candi-candi terkenal seperti Candi Borobudur dan Candi Mendut, namun ternyata ada banyak candi-candi dan tempat wisata lain yang menarik untuk dikunjungi di Kota Magelang dan sekitarnya

Candi Borobudur
Desa Borobudur, Kec. Borobudur. Mengunjungi Candi Borobudur mungkin sudah biasa. Namun berada di Candi Borobudur saat sebelum fajar.

Candi Mendut
Desa Mendut, Kec. Mungkid, berupa candi Budha, 3 Km dari Candi Borobudur, berbentuk limas dan beberapa stupa kecil dibagian atasnya.

Candi Pawon
Merupakan candi yang ukurannya relatif kecil yang saya kunjungi selepas memotret Perbukitan Menoreh.

Ketep Pass
Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, pada ketinggian 1.200 m dpl, dengan panorama Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Sindoro serta pegunungan Menoreh.

Perbukitan Menoreh
Perbukitan Menoreh ini saya kunjungi bermula dari obrolan kecil, yang membuat saya mengetahui keberadaan sebuah hotel mewah.

Punthuk Setumbu
Dusun Kuraha, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, yang merupakan tempat terbaik dan murah untuk melihat matahari terbit dengan latar Candi Borobudur yang mistis.

Air Terjun Kedung Kayang
Desa Wonolelo, Kec. Sawangan, 3 Km dari Gardu Pandang Ketep Pass, dengan latar belakang Gunung Merapi, dengan ketinggian air terjun 40 m.

Air Terjun Sekarlangit
Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, yang bisa diakses menggunakan kendaraan umum sampai di pintu gerbang kawasan.

Arung Jeram Kali Elo
Desa Mendut, Desa Blondo, Kec. Mungkid, dan Desa Candirejo, Kec. Borobudur, dengan menggunakan perahu karet berkapasitas 7 orang, panjang lintasan 12 Km.

Candi Asu
Desa Candi Pos, Kelurahan Sengi, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, di lereng Gunung Merapi dekat pertemuan Sungai Pabelan dan Sungai Telingsing

Candi Gunung Wukir
Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kec Salam, dibangun pada masa Kerajaan Mataram Kuno, ada prasasti Canggal, yoni, lingga dan arca Andini

Candi Lumbung
Dusun Tlatar, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, merupakan candi Hindu peninggalan Kerajaan Mataram Kuna.

Candi Ngawen
Desa Ngawen, Kecamatan Muntilan, 5 km dari Candi Mendut, candi Buddha yang dibangun Wangsa Syailendra pada abad ke-8.

Candi Selogriyo
Dusun Campurejo, Desa Kembangkuning, Kec Windusari, di lereng bukit Giyanti, yang bisa ditempuh dengan kendaraan beroda dua sejauh 2 km.

Candi Umbul
Desa Kertoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, berupa reruntuhan candi Hindu dari jaman Mataram Kuna, dengan dua kolam pemandian air hangat alam.

Jurangjero
Desa Salam Sari, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, sekitar 7-8 km dari Pos Pemantau Merapi Ngepos, di kaki Gunung Merapi.

Kelenteng Hok An Kiong
Jl. Pemuda No 100, Muntilan, Magelang, yang bangunan aslinya didirikan pada 1878, dengan hiolo terbesar se-Asia Tenggara.

Masjid Langgar Agung Diponegoro
Desa Menoreh, Kecamatan Salaman, Magelang, sekira 100 meter dari tepi jalan raya Borobudur-Salaman, peninggalan dari jaman Pangeran Diponegoro.

Masjid Tiban Wanurejo
Dusun Tingal Wetan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, yang merupakan peninggalan dari jaman Perang Jawa (1825 – 1830).

Museum Borobudur
Berada di dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang, dengan fragmen kepala Buddha terbesar di Indonesia.

Museum Diponegoro
Jl. Diponegoro No.1, Magelang, di sayap kiri Pendopo Karesidenan Kedu, dengan koleksi kursi saat Diponegoro ditangkap Belanda, jubah, senjata, dll.

Museum Samudra Raksa
Dalam kompleks Taman Wisata Candi Borobudur, Jl Badrawati, Kecamatan Borobudur, Magelang, dengan rekonstruksi Kapal Borobudur ukuran sesungguhnya.

Museum Senirupa Haji Widayat
Jl. Letnan Tukiyat 32, Kota Mungkid, dengan galeri, art shop dan area taman, diresmikan pada 30 April 1994.

Museum Sudirman
Jl. Ade Irma Suryani No.C-7, di sudut selatan Taman Badaan, yang konon merupakan tempat wafatnya Jenderal Sudirman.

Pos Pemantau Merapi Babadan
Desa Babadan, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, sekitar 10 km dari Pasar Talun

Pos Mati
Desa Giritengah, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, untuk menikmati panorama Candi Borobudur saat matahari terbit dari pos yang berada di puncak bukit.

Pos Pemantau Merapi Ngepos
Dusun Ngepos, Desa Ngablak, Kecamatan Srumbung, Magelang yang dibangun pada tahun 1935 oleh Belanda.

Watu Kendil
Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, berupa sebuah batu karang besar berbentuk persegi dengan tinggi sekitar 7 m.

Air Terjun Silawe
Desa Sutopati, Kec. Kajoran, di lereng Gunung Sumbing, dengan ketinggian air 50 m, dikelilingi oleh hutan pinus.

Air Terjun Sumuran
Desa Seloprojo, Kecamatan Ngablak, 44 km dari Kota Magelang, di lerung Gunung Telomoyo, dengan ketinggian air terjun 35 m, dikelilingi hutan pinus.

Candi Gunungsari
Desa Gulon, Kecamatan Salam, merupakan candi Hindu Siwa yang letaknya berdekatan dengan Candi Gunung Wukir.

Candi Pendem
Desa Candi Pos, Desa Sengi, Kecamatan Dukun, merupakan candi Hindu, dicapai dengan menyusuri persawahan, dan berada 2-3 m di bawah tanah.

Candi Retno
Desa Candi Retno, Kec Secang, merupakan peninggalan Kerajaan Mataram, terbuat dari batu bata dengan keadaan yang kabarnya sudah rusak.

Makam Raden Santri
Desa Gunungpring, Kec. Muntilan, yang adalah salah satu putra Ki Ageng Pemanahan, keturunan Prabu Brawijaya, saudara sekandung Raden Sutowijoyo.

Makam Sunan Geseng
Puncak bukit di Desa Tirto, Kecamaan Grabag, yang dipercaya sebagai makam Sunan Geseng, murid Sunan Kalijaga.

Museum Badan Pemeriksa Keuangan
dalam kompleks rumah Residen Kedu, di jalan Diponegoro No 1, Magelang, diresmikan pada 4 Desember 1997.

Museum Bumiputera 1912
Jalan Jenderal A. Yani No. 21, Magelang, dengan koleksi dokumen lama, foto, dan peralatan kantor, dll, diresmikan pada 20 Mei 1985.

Museum Taruna Abdul Jalil
Kompleks pendidikan Akademi Militer seluas 980 m2, 1 km dari pusat Kota Magelang, dengan koleksi senjata dan peralatan pendidikan militer sejak AMN.

Taman Rekreasi Kalibening
Dusun Kalibening, Payaman, Secang, dengan kolam renang, Gazebo, kolam ikan, lapangan Tenis, dll.

Telaga Bleder
Desa Ngasinan, Kec. Grabag, di lereng Gunung Andong, dikelilingi oleh pepohonan, dengan wisata air dan panorama alam.





Share on FacebookTweetPrint This!