Tempat Wisata di Jepara

Di bawah ini adalah Tempat Wisata Jepara. Peta Wisata Jepara dari Google dengan penanda oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Jepara akan ditambahkan kemudian. Wisata Jepara dan Peta Wisata Jepara dari The Aroengbinang Project ini akan diperbarui ketika informasi baru tersedia, dan posisi koordinat GPS dari Wisata Jepara itu telah diperoleh

Kabupaten Jepara letaknya di pantai utara bagian timur Jawa Tengah. Adalah pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat (1549-1579), Jepara maju pesat dan menjadi bandar niaga utama di Pulau Jawa, selain menjadi Pangkalan Angkatan Laut yang kuat. Pada 1551 dan 1574, karena ketidaksukaannya pada penjajah, Ratu Kalinyamat mengirimkan armada perangnya ke Malaka untuk menggempur Portugis.

Ratu Kalinyamat juga dipercaya berjasa besar dalam membudayakan seni ukir Jepara, yang merupakan perpaduan seni ukir Majapahit dengan seni ukir Patih Sungging Badarduwung yang berasal dari Campa. Ratu Kalinyamat wafat pada tahun 1579 dan dimakamkan di desa Mantingan, Jepara, di sebelah makam suaminya Pangeran Hadiri yang tewas oleh Aryo Penangsang saat terjadi perebutan tahta Kesultanan Demak setelah wafatnya Sultan Trenggono.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Jepara

Lihat Peta Wisata Jepara, Hotel di Jepara

Karimun Jawa
Dengan terumbu karang, hutan bakau, pohon Dewadaru, Kayu Setigi dan Kayu Kalimasada. Kapal Sabtu 09.00 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Kartini Jepara Sabtu & Rabu 09.00.

Air Terjun Songgolangit
Desa Bucu, Kembang, 30 km dari Kota Jepara, dengan tinggi air terjun 80 m dan lebar 2 m. Di sekitar air terjun ada beragam kupu-kupu.

Benteng Portugis
Tempat Wisata di Jepara di Desa Banyumanis, Keling, 45 km dari Kota; dibangun Mataram pada 1632 untuk tentara Portugis. Ketika Malaka jatuh ke Belanda pada 1641, Portugis meninggalkan benteng pada 1642.

Kelenteng Hian Thian Siang Tee
Desa Welahan, Kecamatan Welahan, 24 km dari kota Jepara, dekat Pasar Welahan, ada 2 kelenteng yang dibangun Tan Siang Hoe, dan Tan Siang Djie.

Masjid dan Makam Mantingan
Desa Mantingan, Tahunan, 5 km dari pusat kota, dibangun 1481 Saka (1559 M) oleh Pangeran Hadiri. Ada makam Pangeran Hadiri, Ratu Kalinyamat, Patih Sungging Badarduwung, dll.

Museum R.A. Kartini
Jl Pemuda No.1, utara alun-alun kota, dibangun pada 30 Maret 1975; menyimpan benda dan foto milik Kartini, benda milik Sosrokartono, benda purbakala abad VII, kerangka ikan “Joko Tuo”, dll.

Pantai Kartini
Desa Bulu, Jepara, 2,5 km dari Jepara. Ada dermaga kapal ke Karimunjawa dan Pulau Panjang. Di bagian barat ada Poncol, untuk mandi fajar dan melihat matahari terbenam.

Pantai Pulau Panjang
Seluas 7 ha dengan pantai pasir putih landai, berjarak 1,5 km dari Pantai Kartini, ditempuh dalam waktu 15 menit dengan perahu kecil dari Pantai Kartini dengan ongkos Rp.70.000

Pantai Tirto Samudro
Berada 7 km dari pusat kota, dengan pasir putih, air laut jernih, dan panorama matahari tenggelam, sambil menikmati kerang rebus, rajungan, ikan bakar dan pindang srani.

Pusat Tenun Ikat Troso
Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kudus.

Pusat Kerajinan Monel
Desa Kriyan, Kecamatan Kalinyamat, Kudus.

Ukiran Jepara
Desa Ngabul, Senenan, Tahunan, Pekeng, Kalongan dan Pemuda.

Tempat wisata di Jepara lainnya bisa dilihat di sini.





Share on FacebookTweetPrint This!