Tempat Wisata di Jember

Di bawah ini adalah catatan lengkap tentang daftar Tempat Wisata di Jember. Jember, dengan kode area telepon 0331, berbatasan dengan Probolinggo dan Bondowoso di Utara, Banyuwangi di Timur, Samudra Hindia di Selatan, dan Lumajang di Barat. Jember menjadi lebih dikenal luas setelah berlangsungnya Jember Fashion Festival yang dimulai sejak 2003.

Tulisan Tempat Wisata di Jember dan peta wisata Jember ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Jember

Air Terjun Lereng Raung
Desa Rowosari, Kec Sumberjambe, 32 km dari Kota Jember, dengan 3 air terjun berjarak 1,5 km, masing-masing berketinggian 25 m.

Air Terjun Tancak
Desa Suci, Kecamatan Panti, di lereng Gunung Pasang, 16 km dari Kota Jember, berketinggian 82 m.

Candi Deres
Dusun Deres, Desa Puwo Asri, Kecamatan Gumukmas, merupakan reruntuhan candi yang diduga merupakan warisan dari jaman Majapahit.

Pantai Kucur
Kecamatan Puger, bersebelahan dengan Pantai Puger, dimana terdapat kawanan kera merah yang dikeramatkan.

Pantai Papuma
Desa Lojejer, Kec Wuluhan, 45 km dari Kota Jember, dengan perahu sewa, batu karang untuk melihat pemandangan, dan Gua Lawa jika air surut.

Pantai Paseban
Desa Paseban, Kecamatan Kencong, 45 km dari Kota Jember.

Pantai Puger
Desa Puger dan Desa Mojosari, Kecamatan Puger, 36 km dari Kota Jember, ada tempat pelelangan ikan, dan penyewaan perahu.

Pantai Watu Ulo
Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, 40 km dari Kota Jember, dengan batu yang menyerupai ular memanjang dari pesisir pantai hingga masuk ke laut.

Rembangan
Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, di lereng Gunung Argopuro, dengan kolam renang, perternakan sapi, perkebunan Kopi Rayap, Buah Naga, dan panorama kota jember.

Ruang Arca Diknas
Dusun Kreongan, Desa Jember Lor, Kec. Patrang, berupa arca Polinesia, batu kenong, gandik, kapar, yoni – lingga, penggilisan, selodakon, dll

Situs Doplang
Dusun Doplang, Desa Kamal, Kecamatan Arjasa, merupakan situs arkeologis berupa batu kenong, menhir dan kubur batu.

Situs Klanceng
Dusun Klanceng, Desa Kamal, Kec. Arjasa, berupa batu kenong, lumpang, gilis dan dolmen. Batu kenong berbentuk oval dengan tonjolan di atasnya.

Situs Mojo
Dusun Mojo, Desa Sukosari, Kec. Sukowono, berupa dolmen, sarkopagus dan yoni. Sarkopagus adalah peti mayat yang terbuat dari batu.

Situs Seputih
Dusun Sumberjeding, Deas Seputih, Kec. Mayang, berupa sarkopag, dolmen dan batu kurung.

Situs Srino
Dusun Srino, Desa Sukosari, Kec. Sukowono, yang merupakan situs peninggalan arkeologis berupa dolmen.

Situs Suko
Dusun Lecces/ Pakel, Desa Sukojember, Kec. Jelbuk, berupa batu kenong dan dolmen. Dolmen adalah meja batu untuk sesaji bagi roh nenek moyang.

Taman Botani Sukorambi
Jl. Mujahir, Desa Sukorambi, Kecamatan Sukorambi, 7Km dari Kota Jember, yang diresmikan pada 24 Pebruari 2007.

Taman Nasional Meru Betiri
Desa Andongrejo, Kecamatan Tempurejo, 60 km dari Kota Jember, dengan Goa Jepang, Teluk Meru dan teluk Bande Alit, serta koleksi fauna dan flora.





Share on FacebookTweetPrint This!