Tempat Wisata di Humbang Hasundutan

Di bawah ini adalah catatan awal tentang tempat Wisata di Humbang Hasundutan, sebuah kabupaten di Sumatera Utara yang dibentuk pada pada 28 Juli 2003. Wilayah Humbang Hasundutan ini, dengan kode area telepon 0633, beribukota di Dolok Sanggul.

Tulisan tentang Tempat Wisata di Humbang Hasundutan dan peta wisata Humbang Hasundutan akan diperbarui jika telah diperoleh informasi yang lebih baru, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Humbang Hasundutan dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Humbang Hasundutan

Air Terjun Aek Sipang
Desa Sijarango (Janjimatogu), Kecamatan Pakkat, dengan ketinggian 125 m. Air terjun lainnya di desa yang sama adalah Sipultak (75 m), Sisira (75 m), dan Simarhilang (50).

Air Terjun Ompu Lagang
Desa Sihikkit, Kecamatan Onan Ganjang.

Air Terjun Pollung
Desa Purba Baringin, Kecamatan Pakkat, ketinggian 65 m, lebar air terjun 3,5 m, berhawa sejuk dan pasir putih luas di tepian sungai.

Air Terjun (Sampuran) Sipulak
Ngarai Sipulak, Desa Pakkat Hauagong, Kec Pakkat, dengan kondisi masih alami, ketinggian 70 m, lebar air 3 m, berasal dari aliran Sungai Sipulak yang berhulu ke Gunung Pinapan.

Bakkara
Kecamatan Baktiraja dengan Istana Raja Sisingamangaraja, Aek Sipangolu, air terjun, Hariara Tungkot, Tombak Sulu-sulu, gua, dan Aek Sitito-tio (air bersih, mata air Raja Sisingamangaraja).

Danau Silosung dan Danau Sipinggan
Desa Silaban, Kecamatan Lintong Nihuta, yang konon tercipta dari lesung dan piring karena pertarungan kakak beradik. Ada legenda asal mula kedua danau ini.

Dolok Margu
Kecamatan Dolok Sanggul, dengan permukiman dan pertanian penduduk yang kabarnya sangat indah di pagi hari, serta pemandangan ke Tao (Danau) Silaban.

Parlilitan
Kecamatan Parlilitan dimana terdapat Markas Besar Raja Sisingamangaraja XII di Pearaja, Makam Raja Sisingamangaraja XII di Sibulbulon, ”Ular Menjadi Batu” di Parduaan, dan ”Manusia Menjadi Batu” di Desa Pusuk I.

Sipinsur
Di atas perbukitan Desa Sipinsur, Kecamatan Paranginan, dengan pemandangan yang kabarnya sangat indah ke Danau Toba, Pulau Samosir, Pulau Sibandang, Bakara dan Ibukota Muara.