Tempat Wisata di Cirebon, 1

Share . Tweet . Whatsapp . Google+1 . Print!

Di bawah ini adalah tempat Wisata di Cirebon, dan sebuah Peta Wisata Cirebon dari Google dengan penanda yang ditambahkan oleh The Aroengbinang Project, berisi lokasi tempat wisata, tempat menarik, obyek wisata, dan tempat lainnya di Cirebon.

Kota Cirebon dan Kabupaten Cirebon sangat kaya dengan gedung-gedung tua peninggalan kolonial, makam keramat, peninggalan budaya seperti keraton dan museum, masjiddan kelenteng tua, serta kerajinan batik khas Cirebon.

Transportasi paling efisien untuk ke Cirebon adalah menggunakan kereta api, dengan waktu tempuh hanya 3 jam dari Jakarta. Bus menjadi pilihan jika Anda ingin bebas memilih waktu keberangkatan. Jalur laut juga bisa menjadi alternatif transportasi, terutama dari luar Jawa.

Tempat Wisata di Cirebon

Berikut adalah tempat wisata di Cirebon berdasarkan pengelompokan

tempat wisata di cirebon

1. Alun-alun Kejaksan »
Tempat wisata di Cirebon yang gerbang utamanya berada di Jalan Siliwangi. Di sudutnya, di perempatan antara Jalan RA Kartini dan Jalan Siliwangi, berdiri Tugu Proklamasi.

2. Batik Trusmi Cirebon Jaya Abadi »
Jl. Panembahan Utara No.5, di daerah Trusmi, dibuka lebih dari 10 tahun yang lalu, dan tamunya kebanyakan datang dari Jakarta.

3. Cikuya »
Desa Belawa, Kecamatan Lemah Abang, sekitar 12 km dari Kota Cirebon, yang merupakan penangkaran sejenis kura-kura langka.

4. EB Batik Traditional Cirebon »
Jl. Panembahan Utara No.1, Plered, Cirebon, di daerah dimana banyak sekali dijumpai pengrajin dan toko batik khas Cirebonan.

5. Gedung Balai Kota Cirebon »
Jl. Siliwangi No. 84, sekitar 300 m dari Stasiun Kejaksaan Cirebon. Gedung ini mulai dibangun April 1926 dan selesai pada September 1927

tempat wisata di cirebon

6. Gedung Bank Indonesia Cirebon »
Wisata Cirebon untuk gedung tua yang ada Jl. Yos Sudarso No. 5-7, merupakan peninggalan jaman kolonial Belanda yang sampai sekarang masih berdiri dengan megah.

7. Gedung Bank Mandiri Cirebon »
Berada di pojokan Jl. Kantor No.4, Cirebon, bersebelahan dengan Klenteng Dewi Welas Asih, dan berseberangan dengan Gedung BAT

8. Gedung BAT Cirebon »
Jl. Pasuketan, Kampung Kebumen, persis di seberang kanan Gedung Bank Mandiri, dengan bentuk yang memanjang tinggi, di tepi jalan yang dinaungi dengan pohon palm yang rindang.

9. Gedung Bundar Cirebon »
Masuk dari Jl Yos Sudarso, bangunan kuno unik berbentuk persegi enam simetris yang ada di Jl. Kebumen, di pojok sebuah taman kecil.

10. Gedung Kantor Pos Besar Cirebon »
Jl.Yos Sudarso No. 9, sebuah gedung tua elok warisan kolonial Belanda yang telah lama ditetapkan sebagai salah satu Benda Cagar Budaya Kota Cirebon.

tempat wisata di cirebon

11. Gedung Cipta Niaga Cirebon »
Tempat wisata di Cirebon berupa gedung tua di jalan kecil persis bersebelahan dengan Gedung Gereja Kristen Pasundan yang berada di pojokan Jl. Yos Sudarso No.10, Cirebon

12. Gedung Mapolresta 851 Cirebon »
Salah satu gedung tua peninggalan Belanda, namun hampir tak ada catatan tentang riwayat gedung ini.

13. Gedung Negara Cirebon »
Ada di Jl. Siliwangi, merupakan gedung tua sangat cantik, satu lantai dengan lengkung simetris, halaman sangat luas, dengan taman bundar yang asri.

14. Gereja Kristen Pasundan Cirebon »
Jl. Yos Sudarso, berada diantara Gedung Bank Indonesia dan Gereja Santo Yusuf, sederet dengan gedung yang disebut terakhir.

15. Gedung Gereja Santo Yusuf Cirebon »
Jalan Yos Sudarso No.20, bangunan gereja katolik tertua di Jawa Barat, yang berdiri lebih dulu sebelum gereja lainnya di wilayah Jawa Barat.

tempat wisata di cirebon

16. Klenteng Dewi Welas Asih »
Wisata Cirebon yang juga bernama Tiao Kak Sie, Jl. Kantor No. 2, Kampung Kamiran, seberang kanan Gedung BAT Cirebon, merupakan salah satu kelenteng tertua di Cirebon

17. Hotel di Cirebon »
Jika membutuhkan informasi lengkap tentang hotel dan penginapan di Kota Cirebon, silahkan buka tulisan ini.

18. Kelenteng Pemancar Keselamatan »
Kelenteng Bun San Tong merupakan kelenteng paling ramah yang pernah saya kunjungi, berada di Jl. Winaon no.26 / 69, di sudut jalan, terusan Jl. Kasunean, Cirebon

19. Kelenteng Talang (Kongcu Bio) »
Jl Talang No. 2, Sebelumnya bernama Sam Po Toa Lang, diambil untuk menghormati tiga tokoh besar muslim utusan dinasti Ming yang pernah singgah di Cirebo

20. Keraton Kacirebonan »
Pulasaren, Kecamatan Pekalipan, berdiri tahun 1808, merupakan keraton yang paling kecil diantara keraton lain yang kami kunjungi di Kota Cirebon.

tempat wisata di cirebon

21. Keraton Kanoman Cirebon »
Tempat wisata di Cirebon yang lokasinya di Kelurahan Lemahwungkuk, didirikan pada 1510 Saka atau 1588 M oleh Pangeran Muhammad Badridin Kartawijaya, Sultan Kanoman I.

22. Keraton Kasepuhan Cirebon »
Kelurahan Kasepuhan, Lemahwungkuk, bangunan keraton dikerjakan Raden Sepat, santri Sunan Ampel, dibantu oleh Sunan Kudus, Sunan Bonang dan Sunan Kalijaga.

23. Keraton Keprabonan »
Kecamatan Lemahwungkuk, didirikan pada 1696 M oleh Pangeran Raja Adipati Kaprabon yang bercita-cita mengembangkan Agama Islam sesuai perjuangan para Wali.

24. Makam Keramat Ki Buyut Trusmi »
Kampung Dalem, Trusmi Wetan, sebelumnya bernama Pangeran Walangsungsang, atau Pangeran Cakrabuana. Ki Buyut pindah pada 1470, dan membangun kompleks ini pada tahun 1481.

25. Makam Keramat Megu »
Desa Megu, Plered, Kabupaten Cirebon, berada di tengah Masjid Keramat Megu, dikelilingi tembok rendah bercat merah bata bergaya khas Majapahitan.

Share . Tweet . Whatsapp . Google+1 . Print!

Bambang Aroengbinang

Kategori: Cirebon

Pos lalu:
Pos baru: