Tempat Wisata di Bangkalan

Di bawah ini adalah catatan lengkap daftar Tempat Wisata di Bangkalan. Wilayah Bangkalan, yang berada di Pulau Madura, Jawa Timur, berbatasan dengan Laut Jawa di Utara, wilayah Sampang di Timur, dan Selat Madura di Selatan dan Barat. Di Bangkalan berdiri kerajaan pada 1531, diperintah oleh Panembahan Lemah Duwur sampai tahun 1592. Raja Bangkalan yang terakhir adalah Panembahan Cakraadiningrat VIII yang memerintah tahun 1862 – 1882.

Tulisan Tempat Wisata di Bangkalan dan peta wisata Bangkalan ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Bangkalan

Batik Tanjung Bumi
Tanjung Bumi yang merupakan sentra batik, letaknya 50 km sebelah utara Bangkalan, dengan motif batik tulis pesisir yang menggunakan warna-warna tajam berani.

Bukit Geger
Desa Geger, Geger, 30 Km dari Bangkalan. Ada patung kuno, hutan Akasia, Mahogani, Jati, Lembah Palenggiyan, Situs Pelanggiran, Goa Petapan, Goa Potre, dll.

Gunung Jaddih
Desa Jaddih Timur, Parseh, Sanggra Agung, dan Rabasan di Kecamatan Socah Bangkalan, sekitar 10 km dari pusat Kota Kabupaten Bangkalan.

Kuburan Aermata (Air Mata)
Desa Buduran, Arosbaya, 11 km utara Kota Bangkalan, yang merupakan makam Raja-Raja Madura. Makam ini bertingkat-tingkat seperti kebanyakan kompleks makam raja-raja.

Makam Sultan Abdul Kadirun
Jl. Sultan Abdul Kadirun, di belakang Masjid Agung Kota Bangkalan. Raden Abdul Kadirun adalah Sultan Bangkalan II, menggantikan Panembahan Adipati Tjakraningrat I.

Makam Muhammad Syaikhona Kholil
Merupakan makam seorang ulama besar Madura, salah satu guru dari KH. Hasyim Asy’ari, pendiri NU. Ia juga mewariskan perahu yang kabarnya masih dirawat dengan baik.

Mercusuar
Ujung Piring, Kecamatan Socah, sekitar 7 km dari Bangkalan, tinggi 78 m, diresmikan Z.W Williem II pada 1879, untuk memandu kapal yang masuk ke Tanjung Perak.

Museum Cakraningrat
Jl. Soekarno Hatta, sekitar 1.5 km dari pusat Kota Bangkalan, yang menyimpan benda-benda pusaka dan budaya peninggalan Kerajaan Madura Barat.

Pantai Rongkang
Kwanyar, 10 km dari Dari jembatan Suramadu ke arah Timur menuju Kwanyar. Terdapat bukit berundak bertinggian 20 – 25 mdpl, dengan lampu-lampu kapal pada malam hari.

Pantai Sambilangan
Desa Sambilangan, sekitar 7 km dari Kota Bangkalan. Di tempat inilah terdapat Mercusuar yang dibuat pada jaman Belanda itu.

Pantai Siring Kemuning
Desa Mecajah, Kecamatan Tanjung Bumi, dengan pasir putih, tempat bermain anak-anak, sekitar 45 Km arah Utara Kota Bangkalan.

Pelabuhan Kamal
Sebelum dibukanya Jembatan Suramadu merupakan pintu gerbang Madura dari Jawa, terdapat layanan kapal ferry yang menghubungkan Madura dengan Pelabuhan Ujung di Surabaya.





Share on FacebookTweetPrint This!