Bogor

Tempat Wisata di Bogor, 1

Share . Tweet . Whatsapp . Google+1 . Print!

Tempat Wisata di Bogor Kota, Bogor Kabupaten, Provinsi Jawa Barat. Akses: Bus ATPB berhenti di Terminal Bubulak; Bus reguler berhenti di Terminal Baranangsiang; KRL berhenti di Stasiun Bogor; kendaraan pribadi lewat Jalan Tol Jagorawi atau Puncak. Bahasa daerah: Sunda. Daya tarik wisata utama: Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi, Taman Nasional Gunung Halimun Salak, factory outlet, kuliner.

Kota Bogor, berjarak 54 km dari Jakarta. Buitenzorg (tanpa cemas) adalah nama Kota Bogor pada jaman kolonial. Hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja Kerajaan Pajajaran pada 3 Juni 1482 dijadikan sebagai hari jadi Kabupaten dan Kota Bogor. Dengan akses Tol Jagorawi membuat Bogor menjadi kota favorit warga Jakarta

Akses kereta api juga nyaman dengan Stasiun Bogor sebagai tempat pemberhentian utama yang melayani penumpang dari stasiun-stasiun di Jakarta dan Sukabumi. Bogor ideal untuk menginap karena hawanya yang sejuk, dan tersedia banyak pilihan di Hotel di Bogor. Lihat juga Peta Wisata Bogor.

Tempat Wisata di Bogor

Bogor adalah kota tua, sehingga banyak sekali tempat menarik yang Anda bisa lihat di kota yang terkenal sebagai Kota Hujan ini. Daftar tempat wisata di Bogor beserta travelognya disajikan di bawah ini.

tempat wisata di bogor

1. Air Panas Ciparay »
Tempat wisata di Bogor dengan pancuran air panas di tepian Sungai Cikuluwung di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

2. Air Panas Ciseeng »
Wisata Bogor berupa sumber air panas dari perbukitan kapur di Desa Ciseeng, Parung, dilengkapi area bermain, panggung hiburan, dan area outbound.

3. Air Panas Gunung Pancar »
Sumber air panas yang tidak mengandung belerang di lembah perbukitan, namun panasnya sangat terasa. Berada di Babakan Madang, kawasan Sentul, melewati hutan pinus.

4. Air Panas Kawah Hitam Gunung Pancar »
Sumber air panas di Babakan Madang, Sentul, tidak jauh dari area Kawah Merah Gunung Pancar, bisa berjalan kaki lewat jalan setapak.

5. Air Panas Kawah Merah Gunung Pancar »
Sumber air panas yang lokasinya lebih ke atas dari air panas Gunung Pancar, di Babakan Madang, Sentul, mengandung belerang alam dengan akses jalan sempit.

tempat wisata di bogor

6. Curug Bidadari Sentul Paradise Park »
Tempat wisata di Bogor berupa air terjun elok di Desa Bojongkoneng, Sentul, dengan akses kendaraan roda empat hingga ke dekat curug, dilengkapi kolam wisata, saung, dan restoran.

7. Arboretum Bogor »
Kawasan hutan untuk pendidikan dan penelitian yang berada di Jl Raya Bogor – Jasinga

8. Bumi Perkemahan Gunung Bunder »
Objek wisata Bogor di Desa Gunung Bunder, di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, diantara hutan pinus.

9. Curug Cadas Ngampar »
Curug yang masih sangat alami di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan hamparan batu cadas di sepanjang badan sungai.

10. Curug Cigamea »
Curug kembar yang letaknya berdekatan di ujung kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), dengan akses undakan semen yang tertata baik.

tempat wisata di bogor

11. Curug Cihurang »
Tempat wisata di Bogor berupa curug kecil di TNGHS dengan kolam dangkal di bawahnya, berjarak cukup dekat dari area parkir. Ada area berkemah dengan sumber air yang jernih.

12. Curug Cilember »
Wisata Bogor di Desa Jogjogan, Cisarua, terletak pada ketinggian 800-900 mdpl, dengan tujuh curug yang letaknya berurutan ke arah hulu.

13. Curug Country »
Dikenal sebagai miniatur air terjun Niagara, berada di Desa Tanjung Rasa, Tanjung Sari, dengan kondisi alami dan sepi.

14. Curug Luhur »
Air terjun berdebit air besar dan tinggi di kawasan TNGHS, akses mudah, dengan kolam renang dan restoran, namun tiket masuknya relatif sangat mahal.

15. Curug Nangka »
Dicapai dengan melewati hutan pinus di kawasan TNGHS, merupakan curug yang elok namun berbahaya jika dilihat dari jalur sungai. Ada kawanan kera hidup di sana.

tempat wisata di bogor

16. Curug Ngumpet »
Tempat wisata di Bogor berupa curug yang alami dan sangat elok di kawasan TNGHS, dengan batuan besar berlumut di badan sungai di bawahnya.

17. Curug Seribu »
Curug terbesar dan tertinggi di kawasan TNGHS, dengan akses cukup menantang, dan sangat berbahaya jika hujan turun di hulu sungai.

18. Danau Lido »
Obyek wisata Bogor di Desa Wates Jaya, Jl Raya Sukabumi, dengan pohon-pohon rindang di tepiannya pada ketinggian 500 mdpl.

19. Ekowisata Bodogol »
Desa Wates Jaya, Jl. Raya Sukabumi Km. 18, di bagian Barat Taman Nasional Gunung Gede Pangrango pada ketinggian 800 mdpl, melalui pintu Lido.

20. Hutan Wisata Catang Malang »
Tempat wisata Bogor di Desa Sukawangi, Sukamakmur, pada 1000-1200 mdpl, dengan udara sejuk dikelilingi pohon Pinus yang romantis saat diselimuti kabut.

tempat wisata di bogor

21. Kebun Raya Bogor »
Jl. Paledang No. 35, diresmikan pendiriannya pada 18 Mei 1817 oleh Gubernur Jenderal Godert Alexander Gerard Philip van der Capellen.

22. Gedung Bakorwil »
Jl. Ir.H. Juanda No. 4, dibangun oleh pemerintah Belanda pada abad ke-19, merupakan gedung dua lantai bergaya kolonial.

23. Gedung Balaikota »
Jl. Ir.H. Juanda No. 10, merupakan gedung warisan kolonial Belanda yang dibangun pada tahun 1868, semula nama bangunan ini adalah Societeit.

24. Gedung Hotel Salak »
Jl. Ir.H. Juanda No. 8, di depan Istana Bogor, dibangun pada 1856, dan diberi nama Binnenhof Hotel atau Bellevue Hotel.

25. Gua Gudawang »
Desa Argapura, Cigudeg. Ada sekitar 12 gua di kompleks Gua Gudawang yang luasnya 2,5 ha ini, namun hanya tiga yang dibuka.


Author: Bambang Aroengbinang
Share . Tweet . Whatsapp . Google+1 . Print!