Tempat Wisata di Solok Selatan

Di bawah ini adalah catatan awal tentang tempat Tempat Wisata di Solok Selatan, Sumatera Barat. Wilayah Solok Selatan berbatasan langsung dengan wilayah Solok di Utara, wilayah Jambi di Selatan, Pesisir Selatan di Barat, dan Dharmasraya di Timur.

Tulisan Tempat Wisata di Solok Selatan dan peta wisata Solok Selatan ini akan diperbarui ketika informasi yang lebih baru telah diperoleh, dan data GPS telah didapat.

Anda bisa berbagi catatan perjalanan dan membantu memajukan wisata Indonesia dengan menulis Travelog tentang tempat-tempat wisata yang telah anda kunjungi di sini.

Tempat Wisata di Solok Selatan

Air Malanca
Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sagir, 8 Km dari Kota Padang Aro, berupa mengalir di atas batu karang berbentuk cekung.

Air Panas Mudiak Sapan
Jorong Balun, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, suhunya mencapai 95°C, biasa digunakan untuk merebus telur dan makanan lainnya, serta menjemur padi.

Air Panas Sapan Maluluang
Jorong Ampalu, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Sungai Pagu, yang merupakan sumber air panas terbesar di wilayah Solok Selatan, dengan suhu sekitar 65°C.

Air Panas Sapan Sungai Aro
Jorong Sungai Aro, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, dengan suhu sekitar 75°C.

Air Terjun Batang Daun
Taratak Baru, Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Jujuan, berketinggian 15 Km.

Air Terjun Talang Sepintir
Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Jujuan, 27 km dari Kota Padang Aro, di areal perkebunan sawit, berketinggian 20 m ini, terdapat tempat berkemah.

Air Terjun Tangsi Mitra Kerinci
Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, 8 Km dari Kota Padang Aro, air terjun bertingkat dua dengan ketinggian 20 m.

Air Terjun Timbulun
Nagari Lubuk Gadang, 2 km dari Kota Padang Aro, dengan ketinggian air terjun 15 m, di Sungai Batang Liki, di sebelah kanan jalan Raya Muara Labuh – Padang Aro.

Air Terjun Timbulun Koto Birah
Jorong Koto Birah, Nagari Koto Baru , Kecamatan Sungai Pagu, 30 km dari Padang Aro, berketinggian 20 m, terdiri dari 7 tingkat.

Air Terjun Ulu Suliti
Jorong Ulu Suliti, Nagari Pakan Rabaa, Kec Koto Parik Gadang Diateh, 55 Km dari Kota Padang Aro, berketinggian 40 m, tertinggi di wilayah Solok Selatan, ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 5 Km.

Arung Jeram Batang Liki
Jorong Liki, Nagari Lubuk Gadang, 3 km dari Padang Aro, 160 km dari Kota Padang, dengan arus cukup deras dan berbatu, grade-5, yang berakhir di Sungai Batang Hari.

Bendungan Batu Bakawik
Batu Bakawik Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, 42 Km dari Kota Padang Aro.

Bukit Karang
Jorong Sungai Penuh, Nagari Lubuk Ulang Alinn, Kecamatan Sangir Batang Hari, 53 Km dari Kota Padang Aro, dengan panorama Sungai Batang Hari.

Danau Bontak
Bukik Malintang, Nagari Lubuk Gadang, Kec Sangir, 5 Km dari Kota Padang Aro, dicapai dengan berjalan kaki sejauh 10 Km dari Bukit Malintang, Golden Arm.

Fosil Binatang Purba
Jorong Balun, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, 45 Km dari Kota Padang Aro, ditemukan pada 2001 di persawahan milik Jamaris.

Gunung Kerinci
perbatasan wilayah Solok Selatan dan wilayah Kerinci, dengan ketinggian 3.805 m dpl, tertinggi di Indonesia.

Kawasan Wisata Golden Arm
Golden Arm, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, 14 Km dari Kota Padang Aro, dengan panorama dataran berbukit yang ditanami pohon Kulit Manis, Karet dll.

Masjid 60 – Aso
Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, 40 Km dari Kota Padang Aro, merupakan mesjid tua dengan tiang masjid berjumlah 60 buah.

Masjid Raya Koto Baru
Jorong Kampuang nan 5, Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, 37 Km dari Kota Padang Aro, yang berumur ratusan tahun namun masih terjaga keasliannya.

Masjid Sampu
Jorong Sampu, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, 2 Km dari Kota Padang Aro, peninggalan Syech Sampu, ulama yang menyebarkan Agama Islam di wilayah ini.

Ngalau Bukit Sungai Mintan
Sungai Mintan, Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, 42 Km dari Kota Padang Aro, merupakan gua di pinggiran Sungai Batang Hari.

Ngalau Indah
Nagari Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Jujuan, s26 Km dari Kota Padang Aro, yang merupakan gua alam.

Ngalau Lubuk Malako
Nagari Lubuk Malako, Kecamatan Sangir Jujuan, 25 Km dari Kota Padang Aro, berupa gua indah yang berada diantara perbukitan.

Rumah Gadang 21 Ruang
Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, 40 Km dari Kota Padang Aro, merupakan Rumah Gadang terpanjang di wilayah Solok Selatan dengan 21 Ruang dan 18 Gonjong.

Rumah Gadang Tuanku Rajo Di Sambah
Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, 40 Km dari Kota Padang Aro, peninggalan Tuanku Rajo Di Sambah, Raja dari 4 Raja di Alam Surambi Sungai Pagu

Rumah Gadang Ustano Rajo Balun
Jorong Balun, Nagari Pakan Rabaa, Kecamatan Koto Parik Gadang Di Ateh, 46 Km dari Kota Padang Aro, menyimpan benda peninggalan Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu.

Rumah PDRI
Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan, 27 km dari Kota Padang Aro, yang pernah digunakan sebagai Pos Keamanan pada waktu Pemerintahan Darurat Republik Indonesia tahun 1949.

Stasiun Pemancar Radio AURI
Nagari Bidar Alam Kecamatan Sangir Jujuan, yang digunakan untuk menyampaikan berita penting kepada Pemerintah Pusat tentang situasi perjuangan PDRI yang dipimpin oleh Syafrudin Prawiranegara pada 1949.

Taman Nasional Kerinci Seblat
Juga berada di wilayah Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu, dengan keaneka ragaman Flora dan Fauna yang dilindungi, seperti Harimau, Beruang, Raflesia Arnoldi, dll.

Tugu PDRI
Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan, 26 km dari Kota Padang Aro, merupakan tengara bersejarah bagi perjuangan Presiden PDRI (Pemerintahan Darurat Republik Indonesia) pada 1949.

Villa Terapung
Pulau Panjang, Nagari Lubuk Ulang Aling, Kecamatan Sangir Batang Hari, 50 Km dari Kota Padang Aro, berupa sebuah villa di aliran Sungai Batang Hari.





Share on FacebookTweetPrint This!