Villa La Lita Gunung Bunder Bogor, Laman 1

Villa La Lita Gunung Bunder, di Desa Gunung Bunder dekat kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, adalah sebuah tempat yang hijau asri, indah, artistik, dengan Rumah Kayu Woloan yang antik di tengah-tengahnya, serta pemandangan yang indah dan lepas ke daerah Bogor bawah, dan bahkan ke Pusat Kota Jakarta.

Villa La Lita Gunung Bunder ini dipunyai oleh Lita Jonathans, pemilik La Lita Arts & Craft, terkenal dengan Decorative Eggshells dan Glass Paintings, dan kini juga menggeluti karya seni sulam. Selain membuat produk kerajinan tangan dan sulam, Lita juga memberikan kursus di villa, di Jakarta dan di beberapa daerah lainnya.

Lokasi villa bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam dari exit tol Sentul City (Sentul Selatan) di Jalan Tol Jagorawi, diteruskan lewat jalan Tol Lingkar Luar Bogor melewati Kedung Halang. Selanjut mengarah ke IPB Dramaga, dan di Ciapus belok ke kiri, menuju arah ke Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

villa la lita gunung bunder1/54. Aula Makan
Saat masuk ke area Villa La Lita Gunung Bunder akan dijumpai aula makan yang letaknya di bagian depan villa, dengan meja panjang yang terbuat dari satu papan kayu trembesi besar utuh. Makanan untuk rombongan besar biasanya disiapkan di atas meja ini, sedangkan untuk keluarga biasanya di ruang makan villa.

Di villa yang elok ini juga ada kolam renang luar dan sejumlah ayunan yang akan sangat disukai dan dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Orang tua bisa mengawasi anak-anaknya yang sedang berenang di kolam sambil duduk di kursi kayu antik dan menikmati udara segar pegunungan yang relatif masih bersih. Di atas kolam renang itulah Rumah Woloan villa berada. Area ini juga bisa dipakai sebagai tempat pesta kembang api.

villa la lita gunung bunder2/54. Meja Batu
Pada taman di sebelah area makan ini terdapat meja taman terbuat dari satu potong batu besar, dengan kursi kayu jati yang antik. Persis di sebelah aula makan terdapat toko craft koleksi Lita Jonthans yang bisa dilihat dan dibeli pengunjung jika sesuai harganya. Toilet luar ada di dekat aula makan ini.

Dari aula makan pengunjung naik undakan melewati ruang terbuka atau lewat lorong dengan tanaman rambat Flame of Irian yang sangat indah untuk menuju ke Pendopo Matahari yang tanpa dinding. Jika ke kanan dari pendopo, naik undakan dari ruang terbuka ini, akan dijumpai lapangan rumput Serba Guna dan mushola kecil.

villa la lita gunung bunder3/54. Pendopo Matahari
Pendopo Matahari ini terhubung langsung dengan Villa La Lita dan biasa dipakai untuk kegiatan bersama, seperti kursus, rapat, sampai acara santai bermain musik atau berkaraoke bersama. Perlengkapan karaoke juga bisa disewa di tempat bagi yang berminat untuk bernyanyi menghangatkan suasan malam.

Selain di pendopo, acara bersama juga bisa dilakukan di lapangan Serba Guna, yang bisa dilakukan di udara terbuka atau di dalam tenda besar yang bisa disewa di tempat. Lapangan Serba Guna ini sebagian juga bisa dipakai untuk parkir mobil. Di ujung kiri lapangan ini terdapat mushola.

Jika cuaca bagus, pagi-pagi sekali Anda bisa berjalan kaki beberapa puluh meter ke arah perbukitan untuk mendapatkan sudut pandang pengambilan gambar yang lebih bagus saat fajar mulai merekah di pinggang Gunung Salak. Pinggiran Bogor dan bangunan-bangunan jangkung di Kota Jakarta bisa terlihat jika cuaca cerah.

villa la lita gunung bunder4/54. Ruang Makan
Masuk ke dalam ruangan Villa La Lita terdapat meja makan dari kayu trembesi utuh, dengan dapur di sebelahnya. Suasana etnik yang kental bisa dirasakan di dalam ruangan ini. Di sebelahnya ada ruang keluarga yang luas, dan di sebelahnya lagi ada pula ruang bersama yang bisa digunakan untuk bersantai.

Di lantai satu terdapat satu kamar tidur dan kamar mandi. Naik ke lantai dua menapaki tangga kayu akan dijumpai empat kamar, dua diantaranya menghadap ke Gunung Salak sehingga bisa menyaksikan matahari terbit. Di lantai atas juga ada kamar mandi bersama. Selain melihat matahari terbit, Anda juga bisa melihat pemandangan saat matahari terbenam.

Pada malam hari kabut tebal dari gunung biasa turun menyelimuti seluruh tempat ini, membuat suasana menjadi sangat romantis dengan hawa dingin yang menggigit tubuh. Karena hawanya yang dingin, sebaiknya anda membawa baju hangat jika menginap di sini.

Di halaman belakang villa terdapat gazebo di atas kolam ikan yang cocok untuk berbincang-bincang. Ada pula bangku taman, dan gazebo bundar agak ke belakang. Di samping kolam ada Rumah Kayu yang bisa disewa, serta ada lagi satu rumah kayu di ujung belakang yang cocok untuk berkontemplasi.

Villa La Lita okasinya hanya beberapa puluh meter dari pintu masuk Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, dimana terdapat tempat-tempat wisata dan bumi perkemahan seperti Curug Ngumpet, Curug Cihurang, Curug Seribu, Curug Cigamea, sumber air panas dan beberapa lokasi wisata lainnya.

Karena keunikan dan keindahannya, villa ini sering digunakan sebagai lokasi pengambilan film untuk bermacam acara di berbagai stasiun TV. Jika jumlahnya memadai dan waktunya sesuai, pengunjung juga bisa mengikuti kursus membuat Cangkang Telur Hias, Glass Painting, serta teknik sulam dari Lita Jonathans.

Villa La Lita Gunung Bunder Bogor, Kampung Kebon Kopi RT 08/RW 03, Desa Gunung Bunder II, Kec Pamijahan, Bogor. GPS: -6.6743, 106.68931. Kontak: WhatsApp 0811 969 4568, lita_jonathans@yahoo.com. Petunjuk Jalan. Tempat Wisata di Bogor, Peta Wisata Bogor, Hotel di Bogor
Bambang Aroengbinang

Tulisan Yang Mungkin Anda Suka