Taman Burung TMII Jakarta

Adalah sebersit percikan arus listrik lemah di suatu tempat di belahan otak abu-abu yang sekilas mengembalikan kenangan manis ketika menghidupkan waktu bersama anak-anak di Taman Burung TMII yang berada di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah, lebih dari sepuluh tahun lalu. Kenangan yang memberi alasan untuk mengunjungi kembali tempat itu, menyegarkan ingatan sembari memotret koleksinya yang indah.

Taman Burung masih terlihat tidak jauh berbeda dengan ketika itu, hanya saja ada perasaan bahwa koleksinya lebih sedikit dibandingkan dulu. Tempat ini pernah mengalami masa yang sangat sulit ketika terjadi penurunan pengunjung yang sangat tajam, sampai mencapai 80%, setelah kasus flu burung marak diberitakan di media massa. Namun lambut laun situasinya semakin membaik, dan saat ini Taman Burung masih merupakan surga bagi beberapa jenis burung karena tersedia ruang cukup lapang untuk mereka, dengan beberapa keterbatasan.

taman burung tmii
Sebuah danau dan sungai buatan Taman Burung dimana angsa dan bebek cantik berenang di permukaan airnya yang jernih. Taman Burung TMII ini dibangun pada tahun 1975, dan diresmikan pada bulan Agustus 1976 dengan hanya satu kubah. Jumlah kubah ini lalu berkembang menjadi 9 buah menjelang tahun 1987.

taman burung tmii
Seekor burung hantu pemakan ikan tampak tengah tercenung di atas sebatang dahan pohon Taman Burung TMII. Burung nokturnal ini, yang aktif pada malam hari, telah dipakai sebagai lambang pendidikan selama bertahun-tahun.

taman burung tmii
Perlu untuk berpindah tempat beberapa kali untuk bisa memotret burung cantik Taman Burung di atas, karena burung ini selalu aktif bergerak diantara rimbun semak. Koleksi Taman Burung dipisahkan dalam dua wilayah, berdasarkan garis Wallace, yaitu bagian barat dan bagian timur Indonesia.

taman burung tmii
Koleksi Taman Burung TMII sejenis burung merak yang berjambul dan berbulu indah.

taman burung tmii
Tempat nyaman bagi angsa putih dengan garis hitam cantik ini, yang tengah berenang lambat di atas permukaan danau Taman Burung TMII.

taman burung tmii
Kebebasan terbatas di Taman Burung TMII bagi seekor merpati dengan garis leher memikat ini, yang dipotret dengan lensa jarak jauh, sesaat setelah memperdengarkan suaranya yang merdu.

taman burung tmii
Seekor burung di Taman Burung berambut keriting indah, meskipun tanpa bantuan seorang perias rambut.

taman burung tmii
Kubah terbesar Taman Burung TMII dengan diameter 68 meter dengan tinggi 30 meter, sedangkan kubah terkecil memiliki diameter 20 meter dan tinggi 9 meter.

Taman Burung TMII masih tetap merupakan salah satu tempat terbaik yang berada di dalam kompleks TMII yang sangat luas, dan baik untuk semua usia. Tidak hanya karena ia memberi alasan untuk berjalan sepanjang lintasan di dalam deretan kubah yang besar, namun ia juga memberi kesempatan bagi anda untuk melihat dari jarak dekat koleksi burung-burung liar yang berasal dari bagian timur dan bagian barat kepulauan Indonesia yang begitu luas.

Taman Burung

Berada di dalam kompleks Taman Mini Indonesia Indah.
Jakarta Timur
Telp 021-87795616, 8409163, 87792078, 8414567, 8409461, 8409432, 29369593.
Fax: 021-87795616, 29369592
Email: info@tamanmini.co.id
GPS: -6.300518, 106.90105 (lihat Peta)

Buka Jam 09.00 – 16.30
Karcis masuk Rp.7.000, anak berumur di atas 2 tahun membayar penuh.

Pintu gerbang TMII Rp. 9.000 ( 3 tahun keatas)
Mobil Rp. 10.000
Bus/Truk Rp. 15.000
Motor Rp. 6.000

Terkait Taman Burung TMII
Tempat Wisata di Jakarta | Peta Wisata Jakarta | Hotel di Jakarta Timur



Share on FacebookTweetPrint This!