Prasasti Tapak Gajah Bogor

Prasasti Tapak Gajah saya ‘temukan’ dalam perjalanan menuju Prasasti Ciaruteun di daerah Bogor pada pada 23 Juni lalu. Melihat ada semacam cungkup di sebelah kiri jalan, dan tempat parkir kendaraan, maka kendaraan pun saya minta berhenti. Setelah turun dan masuk ke dalam cungkup untuk melihat isinya, saya pun mengambil beberapa foto, dan lalu pergi meneruskan perjalanan.

Nama Prasasti Tapak Gajah, yang dikenal juga dengan nama Prasasti Kebon Kopi, baru saya ketahui beberapa saat kemudian, karena tidak ada orang yang bisa memberi penjelasan ketika saya berada di lokasi situs Prasasti Tapak Gajah itu(lihat Peta) .

Prasasti Tapak Gajah
Prasasti Tapak Gajah Prasasti. Pada permukaan batu besar dari bahan andesit berwarna kecoklatan yang berukuran 69 x104 x 164 cm itu dipahatkan sepasang telapak kaki gajah yang mengapit sebaris tulisan berhuruf Palawa dalam Bahasa Sanksakerta. Prasasti Tapak Gajah diperkirakan dibuat sekitar tahun 400 Masehi pada masa Kerajaan Tarumanegara.

Prasasti Tapak Gajah
Tulisan yang diapit sepasang tapak gajah itu berbunyi “Jayavisalasya tarumendrsaya hastinah airavata basya vibhatidam padadavyam”. Prasasti Tapak Gajah itu dinamakan Prasasti Kebun Kopi karena ini ditemukan di sebuah kebun kopi milik Jonathan Rig.

Prasasti Tapak Gajah
Sebuah papan yang digantung di dinding cungkup yang merupakan salinan tulisan pada batu Prasasti Tapak Gajah, dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia, yang berbunyi: “Di sini nampak sepasang tapak kaki gajah yang sepertyi airwata, gajah penguasa taruma yang agung dalam dan bijaksana”. Airawata, dalam mitologi Hindu, adalah nama gajah tunggangan Batara Indra, sebagai Dewa Perang dan penguasa Guntur.

Prasasti Tapak Gajah diketahui pertama kali dari laporan pimpinan Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen pada tahun 1863 M.

Prasasti Tapak Gajah

Desa Ciaruteun Ilir, Kec Cibungbulang, Bogor (lihat Peta)

Wisata Terdekat Prasasti Tapak Gajah
Prasasti Ciaruteun (100 m) | Prasasti Batu Dakon (200 m)

Terkait Prasasti Tapak Gajah
Hotel di Bogor, Tempat Wisata di Bogor



Share on FacebookTweetPrint This!