Prasasti Batu Dakon Bogor

Prasasti Batu Dakon, yang disebut juga Prasasti Batu Congklak atau Prasasti Kebon Kopi II, saya kunjungi dengan berjalan kaki dari Prasasti Ciaruteun. Setelah bertanya arah dua kali, sampailah saya ke lokasi Prasasti Batu Dakon yang berjarak sekitar 20 meter dari tepi jalan, di dalam sebuah cungkup (lihat Peta).

Prasasti Batu Dakon
Cungkup Prasasti Batu Dakon yang di dalamnya terdapat dua buah batu dakon, yang satu berbentuk tidak beraturan dan kasar dengan lubang berjumlah belasan dengn ukuran besar kecil, dan batu dakon kedua berbentuk lebih teratur dan halus dengan jumlah lubang yang lebih banyak lagi. Di sebelahnya terdapat dua buah batu menhir berukuran kecil.

Prasasti Batu Dakon
Batu Dakon dengan lubang yang halus dalam berbagai ukuran.

Di Prasasti Batu Dakon ini tidak terdapat tulisan apa pun yang bisa menjadi petunjuk tentang asal muasalnya.

Prasasti Batu Congklak
Batu Dakon yang bentuknya kasar dan tidak beraturan.

Pada puncak batu menhir yang lebih kecil terdapat lekukan halus yang menyerupai lekukan bekas lutut. Di sebelah Bato Dakon kasar terdapat sebuah batu yang juga ada lekukan di puncaknya.

Prasasti Batu CongklakPrasasti Batu Dakon atau Prasasti Batu Congklak yang namanya diberikan seperti itu karena lubang-lubang yang ada pada batu-batu itu menyerupai lubang yang ada pada permainan congklak yang yang sampai sekarang masih banyak dijumpai dan dimainkan.

Prasasti Batu Congklak
Cungkup dimana Prasasti Batu Dakon tersimpan. Dengan adanya cungkup, Prasasti Batu Dakon ini memang lebih terlindung, namun lingkungannya menjadi kering dan gersang, karena tidak ada pemandangan hijau di dalamnya yang menyejukkan. Bentuk cungkupnya pun tampak kurang menarik dan terkesan seadanya.

Lokasi Prasasti Batu Dakon ini masih di tempat dimana mereka ditemukan. Ada dugaan bahwa Batu Dakon itu dipakai sebagai tempat menyimpan sesaji untuk upacara peribadatan agama Hindu.

Prasasti Batu Dakon

Desa Ciaruteun Hilir, Kecamatan Cibungbulang, Bogor (lihat Peta)

Wisata Terdekat Prasasti Batu Dakon
Prasasti Tapak Gajah (200 m) | Prasasti Ciaruteun (100 m)

Terkait Prasasti Batu Dakon
Hotel di Bogor, Tempat Wisata di Bogor

Share on FacebookTweetPrint!

This entry was tagged