Pelabuhan ASDP Manggar Belitung Timur

Pelabuhan ASDP Manggar merupakan sebuah pelabuhan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan yang berada di Sungai Manggar, berjarak hanya sekitar 800 m dari muara sungai yang berujung di Laut Jawa, atau 200 m dari Vihara Dharma Suci.

Suasana pelabuhan tampak relatif sepi ketika saya datang sore itu. Ada beberapa buah kapal tradisional yang tengah tambat, namun tidak terlihat ada aktivitas bongkar muat atau pun naik turunnya penumpang.

Pelabuhan ASDP Manggar memiliki dua buah dermaga. Dermaga sebelah kiri berbentuk lurus mengikuti alur sungai sepanjang 75 meter dengan lebar 10 meter, sedangkan dermaga yang satu lagi bentuknya seperti huruf L dengan sisi panjang sejajar sungai.

Pelabuhan ASDP Manggar
Dermaga Pelabuhan Manggar yang berbentuk seperti huruf L itu, dilihat dari dermaga sebelah kiri. Kedua dermaga ini berjarak sekitar 75 m.

Tidak terlihat ada kapal tambat di dermaga. Hanya pagar-pagar beton dan tiang-tiang lampu berjajar yang menghiasi dermaga yang terlihat masih relatif baru itu.

Pelabuhan ASDP Manggar
Sebuah patok beton besar berbentuk kepala paku di ujung dermaga Pelabuhan ASDP Manggar tengah digunakan sebagai tempat menambatkan tali penahan perahu yang tengah sandar.

Pelabuhan ASDP Manggar
Kapal yang tengah sandar di Pelabuhan ASDP Manggar itu, dengan sebuah kapal lain berukuran lebih kecil di dekatnya.

Pelabuhan ASDP Manggar ini rupanya baru diresmikan pada 2011 lalu, dimaksudkan sebagai tempat labuh kapal roro dengan rute Manggar ke Ketapang di Kalimantan Barat. Jarak lurus Manggar di sisi Timur Pulau Belitung ke Ketapang di sisi Barat Pulau Kalimantan ini sekitar 200 km, arah ke Timur Laut.

Pelabuhan ASDP Manggar
Sebuah kapal lainnya dengan badan memanjang tengah tambat di dermaga Pelabuhan ASDP Manggar, terikat pada patok silinder tanpa kepala, namun ada empat jeruji baja sebesar jempol kaki yang menahan tali agar tidak lepas ke atas.

Permukaan Sungai Manggar terlihat tenang, mungkin karena bentang sungai yang begitu lebar dan tempatnya yang terlindung dari hempasan langsung angin laut.

Pelabuhan ASDP Manggar
Pemandangan Pelabuhan ASDP Manggar arah ke Muara Sungai Manggar. Hanya tinggal satu kelokan sungai maka akan sampailah kapal ke bibir muara.

Sekitar 700 m arah ke muara, terdapat sebuah dermaga kapal lagi yang seukuran dermaga sebelah kiri Pelabuhan ASDP Manggar. Tampaknya dermaga itu adalah Pelabuhan Manggar yang lama.

Pelabuhan ASDP Manggar
Beberapa orang pria tengah memancing ikan di dermaga Pelabuhan ASDP Manggar, namun tidak terlihat ada orang yang menebar jala.

Selain sebagai tempat memancing ikan, dermaga Pelabuhan ASDP Manggar ini juga digunakan sebagai tempat nongkrong bagi anak-anak muda setempat.

Pelabuhan ASDP Manggar
Ban-ban truk digantung di sepanjang badan luar kapal untuk menahan benturan dengan beton dermaga Pelabuhan ASDP Manggar, serta benturan dengan kapal-kapal lain yang juga juga tengah sandar.

pelabuhan manggar
Di seberang dermaga Pelabuhan ASDP Manggar tampak sebuah kapal isap Timah yang mangkrak.

Beberapa bulan lalu, elemen-elemen masyarakat Belitung dikabarkan menolak keras beroperasinya kapal isap Timah di wilayah itu, karena jelas akan mengakibatkan kerusakan hebat pada perairan Pulau Belitung. Mereka berpendapat, cukuplah Pulau Bangka saja yang dirusak, namun Pulau Belitung harus diselamatkan.

Pelabuhan ASDP Manggar
Dua buah kapal kecil rupanya sandar dibalik dermaga L Pelabuhan ASDP Manggar, sehingga tidak terlihat dari kejauhan. Satu lagi kapal tua tampak sebagian badannya telah tenggelam di bawah permukaan air.

Mungkin ada baiknya Pelabuhan ASDP Manggar dimanfaatkan juga untuk rekreasi air, apalagi jumlah penumpang yang bepergian ke Ketapang kabarnya tidak sebanyak yang diperkirakan, sehingga pelabuhan ini menjadi kurang bermanfaat. Semoga.

Pelabuhan ASDP Manggar

Jl Jenderal Sudirman, Manggar
Belitung Timur
GPS: -2.84759,108.28968 (lihat Peta)

Terkait Pelabuhan ASDP Manggar
Tempat Wisata di Belitung Timur, Hotel di Belitung Timur

Bagi di FacebookTweetPrint!