Patung Pak Tani di Menteng Jakarta

Saya melakukan pemotretan sekali lagi terhadap Patung Pak Tani, atau Patung Pahlawan, dalam perjalanan untuk melihat Jakarnaval 070707. Sebabnya adalah karena beberapa buah foto yang sebelumnya diambil tidak cukup jauh untuk bisa dipakai sebagai header pada blog.

Hari itu adalah Sabtu, sehingga kepadatan lalu lintas di sekitar Patung Pak Tani tidak begitu tinggi, sehingga saya bisa menghentikan kendaraan sebentar di tepi jalan, membuka kaca jendela dan mengambil beberapa buah foto.

Patung Pak Tani terletak di sebuah bundaran diantara Jl. Menteng Raya, Jl. Prapatan dan Jl. Arief Rachman Hakim, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Patung Pak Tani
Patung Pak Tani yang membawa bedil dan sangkur. Nama resmi Patung Pak Tani adalah Patung Pahlawan, dimaksudkan untuk menghormati para pahlawan pejuang kemerdekaan, namun lebih dikenal sebagai Patung Pak Tani karena sosok patungnya.

Ide pembuatan patung ini berasal dari Bung Karno, yang ketika berkunjung ke Moskow merasa sangat terkesan dengan patung-patung yang berada di sana. Patung Pak Tani dibuat oleh pematung Rusia bernama Matvei Manizer dan anaknya Otto Manizer.

Patung Pak Tani
Anak-anak tampak tengah bermain di taman di sekitar Patung Pak Tani.

Setelah selesai dikerjakan, Patung Pak Tani yang terbuat dari tembaga ini dibawa ke Indonesia dari Moskow dengan menggunakan kapal laut.

Patung Pak TaniPatung Pak Tani diresmikan pada tahun 1963, dengan sebuah tengara “Bangsa yang menghargai pahlawannya adalah bangsa yang besar”.

Ketiadaan tempat bersantai di sekitar Patung Pak Tani, membuat patung ini seringkali hanya dilirik sesaat ketika orang melewatinya, tanpa berkesempatan untuk melihat secara lebih dekat dan mengetahui sejarah di belakang pembuatannya.

Patung Pak Tani

Jl. Menteng Raya, Jl. Arief Rachman Hakim, dan Jl. Prapatan,
Menteng, Jakarta Pusat.
GPS: -6.182838, 106.834574 (lihat Peta)

Wisata terdekat Patung Pak Tani

Museum Juang ’45 (400 m) | Galeri Nasional Indonesia (800 m) | Masjid Cut Meutia (850 m) | Museum Kebangkitan Nasional (1,3 km) | Masjid Istiqlal (2 km)

Terkait Patung Pak Tani
Tempat Wisata di Jakarta | Peta Wisata Jakarta | Hotel di Jakarta Pusat



Share on Facebook ~ Tweet ~ Print This! ~ Share via Email