Museum POLRI Jakarta

Museum POLRI barangkali merupakan museum yang paling baru di Jakarta yang diresmikan oleh Presiden SBY pada 1 Juli 2009, pada hari yang sama dengan hari Ulang Tahun POLRI. Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) adalah nama yang dipakai setelah kesatuan ini terpisah dari Angkatan Bersenjata pada tahun 2000.

Bangunan Museum POLRI terletak di Jl. Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, persis sebelum pos pengecekan saat pengunjung akan memasuki Markas Besar POLRI di lokasi yang sama

Meskipun ada tiga petugas polisi pria di pos jaga dekat gerbang masuk, namun saya berjalan langsung memasuki pintu museum tanpa diminta untuk melapor ke petugas jaga itu. Sesaat setelah memasuki museum, seorang petugas polisi wanita yang ramah berdiri menyapa dari belakang meja penerima tamu, dan dengan senyum tipis ia meminta saya untuk mengisi buku tamu nanti saja setelah selesai berkunjung. Tidak ada biaya untuk masuk ke dalam Museum.

Museum POLRI
Salah satu bagian yang ada di lantai pertama Museum POLRI. Agak ke tengah terlihat koleksi kendaraan roda dua yang pernah dipakai oleh polisi, mulai dari kereta angin (sepeda onthel), sepeda motor, sampai sepeda motor patroli polisi tandem yang lazim dipakai selama masa pendudukan Belanda dan selama masa revolusi kemerdekaan Indonesia di akhir tahun 40-an.

Museum POLRI
Koleksi berbagai persenjataan dan peralatan polisi yang dipajang di lantai satu Museum POLRI, seperti Senjata Mesin Berat model HMG/ SG 43 buatan Uni Soviet keluaran tahun 1946 (gambar kiri ) yang digunakan oleh Resimen II Brigade Mobil Jawa Barat selama perang Papua pada tahun 1963. Senjata yang ada di sebelah kanan adalah Roket SPG 82 buatan Uni Soviet keluaran tahun 1946.

Museum POLRI
Garand M1 buatan Amerika Serikat keluaran tahun 1917, Senapan Lee Enfield buatan Inggris tahun 1917, dan Senapan Mauser buatan Jerman antara tahun 1920-1938. Koleksi pistol dan senjata laras pendek juga dipamerkan di lantai satu Museum POLRI, selain berbagai peralatan polisi untuk keperluan komunikasi dan penyidikan.

Museum POLRI
Beberapa tema yang berhubungan dengan organisasi kepolisian dan berbagai aksi satuan-satuan polisi di masa lalu di lantai 2 Museum POLRI, seperti aksi kepahlawanan oleh satuan-satuan polisi dan dokumentasi kegiatan polisi dalam memerangi aksi terorisme.

Sebuah monumen kecil yang terlihat di sebelah kiri gambar adalah miniatur Monumen Gorom, sebagai kenangan terhadap peran Polisi selama perjuangan Trikora pada tahun 1962, yang dimulai dari Pulau Gorom . Area permainan pendidikan untuk anak-anak ada di lantai dua Museum POLRI ini.

Museum POLRI memiliki tiga lantai, di mana di lantai tiga terdapat beberapa ruangan diskusi, yang mungkin diperuntukkan bagi kelompok-kelompok pengunjung.

Museum POLRI
Sebuah model yang memperlihatkan kondisi toko dan restoran yang luluh lantak setelah terjadinya bom Bali, yang bisa ditemukan di lantai dua Museum POLRI.

Museum POLRI
Hall of Fame terletak di lantai dasar Museum POLRI, berisikan kutipan kata dan foto para mantan Kepala Kepolisian RI. Kepala Kepolisian RI yang sekarang, Jendral Bambang Hendarso Danuri, adalah pencetus ide didirikannya Museum POLRI ini.

Museum POLRI
Koleksi Museum POLRI diatur dengan amat rapi dan koleksinya dikelompokkan dengan baik berdasarkan tema, sehingga memudahkan pengunjung untuk mencerna informasinya. Suasananya sangat menyenangkan dengan toilet ada di setiap lantai dan setiap ruangan dilengkapi pendingin ruangan yang nyaman. Di setiap lantai, dipasang beberapa monitor LCD yang menyajikan berbagai video dokumenter yang berhubungan dengan kegiatan kepolisian.

Museum POLRI

Jl. Trunojoyo No. 3, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan
Telp. 021-7210654
e-mail: info@museumpolri.org
GPS: -6.239495, 106.802065 (lihat Peta)

Tidak ada tiket masuk.
Buka Selasa – Minggu, 09.00 – 16.00.

Akses:
Busway Koridor 1 Blok M – Kota
Bus Himpurna 926 Term. Blok M – Senen
Bus PPD 45 Cililitan – Blok M
Bus PPD P38 Blok M – Tanjung Priok
Bus PPD P53 Term. Blok M – Depok
Bus PPD AC14 Kampung Rambutan – Ciputat
Koantas Bima S621 Blok M – Ciputat
Kopaja P19 Tanah Abang – T. Ragunan
Kopaja S616 Blok M – Srengseng Sawah
Kopaja S66 Manggarai – Blok M
Kopaja T57 Kp Rambutan – Blok M
Mayasari Bakti P4 Pulo Gadung – Blok M
Mayasari Bakti 57 Pulo Gadung – Blok M
Mayasari Bakti 402 Kampung Rambutan – Kebayoran Lama
Mayasari Bakti P13A Perum Klender – Blok M
Mayasari Bakti P15 Kampung Rambutan – Blok M
Mayasari Bakti P19B Kampung Rambutan – Ciledug
Mayasari Bakti AC06 Pulo gadung – Blok M
Metromini S76 Blok M – Kp. Rambutan
Metromini S610 Blok M – Kmp. Pulo

Terkait Museum POLRI
Tempat Wisata di Jakarta | Peta Wisata Jakarta | Hotel di Jakarta Selatan

Share on FacebookTweetPrint!

This entry was tagged