Museum Layang-layang Jakarta

Museum Layang-layang Indonesia merupakan sebuah museum yang dikelola swasta yang menyimpan koleksi layang-layang dari berbagai daerah di tanah air. Museum Layang-layang Indonesia ini lokasinya berada di Jl H. Kamang No.38, Pondok Labu, Jakarta Selatan, yang bisa diakses melalui Jalan Fatmawati.

Tidak begitu mudah untuk sampai ke museum ini saat pertama kali saya datang ke sana, namun itu lebih karena saya memang tidak begitu mengenal jalan-jalan di daerah Jalan Fatmawati.

Ketika berkunjung ke Museum Layang-layang beberapa tahun lalu, bangunan utama museum ini relatif kecil, dengan beberapa bangunan lain di sekitarnya yang dipergunakan untuk berbagai kegiatan, diantaranya kegiatan kreatif untuk anak-anak yang diselenggarakan oleh museum.

museum layang-layang jakarta
Bangunan utama Museum Layang-layang yang berbentuk Joglo, bangunan khas Jawa, dengan kombinasi tiang-tiang kayu dan beton, serta atap berbentuk limasan.

Sayang sekali bahwa saat itu saya tidak diperbolehkan untuk memotret koleksi layang-layangnya. Petugas yang menemani saya mengatakan bahwa saya perlu membuat proposal terlebih dahulu dan mengajukannya kepada pengelola untuk mendapat ijin memotret.

Prosedur yang merepotkan dan ada rasa kecewa juga lantaran sudah jauh-jauh menyempatkan untuk datang ke sana. Karenanya hanya beberapa foto yang bisa saya ambil dari luar gedung utama.

museum layang-layang jakarta
Sebuah koleksi layang-layang berbentuk kereta kuda yang dipajang di luar ruangan Museum Layang-layang.

Belakangan saya dengar aturan di Museum Layang-Layang sudah lebih longgar, dan pengunjung bisa mengambil foto di dalam museum, terutama mereka yang membawa puteranya untuk berkunjung.

Melarang pengunjung memotret koleksi museum adalah hak pemilik dan pengelola, hanya saja menjadi tak menarik untuk dikunjungi oleh mereka yang hobi memotret. Lagipula ingatan manusia sangat terbatas jika tidak dibantu dengan adanya foto benda yang mereka pernah lihat.

museum layang-layang jakarta
Bangunan joglo Museum Layang-layang dilihat dari samping dengan sebuah musholla di pojok lokasi.

Di Museum Layang-layang anak-anak bisa belajar bagaimana membuat membuat serta menghias layang-layang yang dibuatnya.Ada pula kegiatan lain yang bisa diikuti anak, yaitu membuat keramik, melukis kaos, payung, wayang mini dan belajar membatik.

Museum Layang-Layang Indonesia

Jl H. Kamang No.38,
Pondok Labu, Jakarta Selatan,12450
Telp. 021-765 8075, 021-7590 4863
Fax: 021 – 7590.4863
GPS: -6.3080233, 106.790857 (lihat Peta)

Jam Buka: 09.00 – 16.00 WIB. Hari libur nasional tutup.
Tiket masuk: Rp.10.000

Akses:
Naik bus jurusan Lebak Bulus yang lewat Jalan Raya Fatmawati, turun di Jl Haji Kamang (sekitar 50 meter setelah SDN 01 & 05 Pondok Labu jika dari Utara, atau 50 meter sebelumnya jika dari Selatan). Lanjut naik ojek atau jalan kaki sekitar 375 m.

Dengan kendaraan pribadi, arahkan mobil ke Rumah Sakit Fatmawati di Jalan Raya Fatmawati, lanjutkan ke Selatan sejauh 1,5 km ada jalan ke kanan 50 meter setelah SDN 01 & 05 Pondok Labu, belok kanan ke Jl Haji Kamang. Lanjut 375 m, Museum Layang-layang ada di kanan jalan.

Terkait Museum Layang-layang
Tempat Wisata di Jakarta | Peta Wisata Jakarta | Hotel di Jakarta Selatan

Share on FacebookTweetPrint!

This entry was tagged