Kuburan Belanda Bogor

Lokasi Kuburan Belanda ini terletak di salah satu sudut Kebun Raya Bogor. Jika anda menggunakan mobil untuk berkeliling di kebun raya, satu hal yang hanya bisa lakukan pada hari-hari kerja, anda tidak akan menemukannya karena lokasinya berjarak beberapa meter dari jalan dan tertutup rapat oleh rumpun bambu yang tebal dan semak-semak yang rimbun.

Jika anda bisa menemukan Kolam Gunting di depan Istana Bogor, maka anda sudah dekat dengan lokasi kuburan ini.

Kuburan Belanda
Kebaradaan Kuburan Belanda ini ternyata telah ada jauh sebelum berdirinya Kebun Raya Bogor pada 1817. Berada di sekitar kompleks Kuburan Belanda ini terasa sangat teduh dan hening, sampai datangnya segerombolan turis dengan pemandu wisata yang agak berisik memecahkan keheningan.

Kuburan tertua yang ditemukan di kompleks Kuburan Belanda ini adalah milik Cornelis Potmans, seorang ahli kimia Belanda, yang dikubur pada tahun 1784.

makam Belanda
Sebuah makam di Kuburan Belanda dengan tulisan pada batu nisan dalam bahasa Inggris, yang berbunyi: “To the Sacred Memory of Capt. J. Drury R.N., Who Died on the 1st March 1835, Aged 51 Years, Much Regretted by His Relations & Friends”.

Di dalam kompleks kuburan Belanda ini terdapat 42 makam, namun hanya 38 yang bisa diidentifikasi siapa pemiliknya.

Cornelia Dorothea Adelheid Kuburan Belanda
Berbagai macam bentuk dan ornamen Kuburan Belanda diperlihatkan pada foto di atas.

Batu nisan yang terlihat di Kuburan Belanda di bagian kanan foto juga bertuliskan kata-kata dalam bahasa Inggris: Cornelia Dorothea Adelheid who died in 1856 at the age of 45.

Ary Prins di Kuburan Belanda
Kubur di sebelah kiri pada foto di atas, yang merupakan kubur terbesar di dalam kompleks Kuburan Belanda ini, milik Ary Prins, seorang ahli hukum yang meninggal di Jakarta pada 28 Januari 1867. Ary adalah Ketua Parlemen Hindia Belanda dan pernah menjadi pejabat sementara Gubernur Hindia Belanda selama dua kali.

Kuburan Belanda di sebelah kanan adalah milik DJ de Eerns, Gubernur Hindia Belanda antara 1836 – 1840, yang meninggal pada 30 Mei 1840, pada usia 58 tahun.

makam Prof.Dr. Andre Joseph Guillaume Henri Kostermans di Kuburan Belanda
Di sebelah kanan adalah kuburan paling baru di kompleks kuburan Belanda. Makam Belanda ini milik Prof.Dr. Andre Joseph Guillaume Henri Kostermans, seorang ahli botani yang disegani yang meninggal pada 10 Juli 1994.

Ia lahir di Purworejo, Jawa Tengah, pada 1 Jul1 1901, dan memutuskan untuk menjadi warga negara Indonesia pada tahun 1958. Adalah atas keinginannya agar setelah meninggal ia dikubur di Makam Belanda di Bogor ini.

Sekilas video tentang Makam Belanda

Kuburan Belanda
Sebuah prasasti yang berisi informasi cukup lengkap yang sangat membantu bagi para pungunjung Kuburan Belanda. Setidaknya ada dua kuburan Belanda lagi yang pernah saya kunjungi di wilayah Jabodetabek.

Yang pertama adalah Ereveld Ancol di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, dan yang kedua Kuburan Belanda di lokasi yang sekarang dikenal dengan nama Museum Taman Prasasti di Jl. Tanah Abang 1, Jakarta Pusat. Satu lagi adalah Ereveld Menteng Pulo yang di dalamnya terdapat Gereja Simultan, dan bersebelahan dengan Makam Perang Jakarta.

Luangkan waktu untuk mengunjungi tempat-tempat ini untuk mengagumi bentuk batu kubur, ornamen dan tulisannya, serta belajar sedikit lebih banyak tentang sejarah Indonesia di jaman kolonial.

Kuburan Belanda

Di dalam kompleks Kebun Raya Bogor (lihat Peta)

Wisata Terdekat Kuburan Belanda

Kebun Raya Bogor (di dalam kompleksnya) | Museum Zoologi (600 m) | Rumah Anggrek

Terkait Kuburan Belanda
Hotel di Bogor, Tempat Wisata di Bogor



Share on FacebookTweetPrint This!