Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor, salah satu Kebun Botani yang tertua, terbesar dan paling mengesankan di kawasan ini, terletak sekitar 60 km selatan Jakarta, di jantung kota Bogor. Meskipun telah mengunjungi Kebun Raya ini beberapa kali, namun ada beberapa yang saya baru ketahui dalam kunjungan terakhir. Bisa dipahami karena akan sulit untuk menjelajah kebun seluas 87 hektar ini dalam sekali kunjungan.

Walaupun cukup banyak koleksi pohon tua dan besar telah lenyap disapu badai beberapa tahun lalu, namun Kebun Raya Bogor masih tetap mempertahankan kebesaran daya tariknya dan merupakan tempat wajib kunjung.

Kebun Raya Bogor
Gerbang masuk Kebun Raya Bogor. Jika datang dari tol Jagorawi, pengunjung harus memutar, menyusuri jalan sepanjang sisi Kebun Raya Bogor untuk sampai gerbang Kebun Raya Bogor. Namun pada hari libur pintu masuk lain juga dibuka.

Kebun Raya Bogor
Bangunan Memorial di Kebun Raya Bogor untuk Lady Olivia Marianne Raffles, istri Sir Thomas Stamford Raffles, meninggal 1814.

peta Kebun Raya
Bagian Kebun Raya Bogor yang menhadap sisi samping Istana Kepresidenan Bogor.

peta Kebun Raya
Arca Lembu Nandi dan sebuah prasasti di bagian tengah kanan Kebun Raya Bogor.

Arca Lembu Nandi dipindahkan ke Kebun Raya Bogor oleh Dr. Frideriech sekitar pertengahan abad ke-19 dari kolam kuno Desa Kotabatu, Ciapus, Bogor. Lembu Nandi merupakan kendaraan Syiwa menurut kepercayaan Hindu.

tiket Kebun Raya
Taman Teijsmann di Kebun Raya Bogor, dibangun 1884 oleh Dr. Melchior Treub sebagai memorial terhadap Johannes Elias Teijsmann, Kurator Kebun Raya Bogor tahun 1831 – 1868, untuk jasa-jasanya yang besar dalam mengembangkan dan merelokasikan koleksi tanaman berdasarkan kelompok taksonominya.


Dalam melakukan pekerjaan besar Kebun Raya Bogor ini, Teijsmann dibantu seorang ahli botani bernama Justuss Karl Hasskarl. Monumen pada foto terbuat dari batu granit, konon diimport langsung dari Berlin.

tiket Kebun Raya
Seorang peziarah meninggalkan makam tua dalam kompleks Kebun Raya Bogor, yaitu makam Ratu Galuh Mangku Alam, istri Prabu Siliwangi, Raja Pasundan.

tiket Kebun Raya
Jembatan Merah, salah satu tempat paling digemari pengunjung Kebun Raya Bogor untuk berfoto. Jembatan merah ini menggantung melintasi sungai Ciliwung yang membelah Kebun Raya.

peta Kebun Raya
Bangunan dekat gerbang masuk Kebun Raya Bogor. Dalam Kebun Raya Bogor, Anda juga bisa menemukan Museum Zoologi, Rumah Anggrek, Bunga Bangkai, Kuburan Belanda, Cafe, dll.

Kebun Raya Bogor

Jl. Paledang No. 35 Bogor (lihat Peta)
Telp: (0251) 332775

Buka 08.00 – 17.00

Tiket Rp.9.500
Mobil Rp. 15.000, Motor Rp. 3.000

Akses ke Kebun Raya

Kendaraan Pribadi
Usahakan hari kerja, agar bisa membawa mobil masuk ke kebun sangat luas ini. Dari arah Jakarta, gunakan tol Jagorawi dan keluar Bogor. Belok ke kanan pada pertigaan lampu merah Terminal Baranang Siang, melewati tugu kujang, lurus, menyusuri jalan samping Kebun Raya sampai anda menjumpai pintu masuk.

Dari Stasiun Bogor
Naik Angkot 02 (Sukasari-Bubulak), Angkot 6 (Ciheuleut – Ramayana), Angkot 10 (Bentar- Kemang – Merdeka), atau naik ojek.

Terdekat Kebun Raya

Rumah Anggrek (dalam Kebun Raya Bogor) | Kuburan Belanda (dalam Kebun Raya Bogor)

Terkait Kebun Raya
Hotel di Bogor, Tempat Wisata di Bogor

Bagi di FacebookTweetPrint!