Jembatan Pelengkung Tangerang

Jembatan Pelengkung yang lokasinya berada di Jl. MH Thamrin, Cikokol, Tangerang ini adalah salah satu tengara Kota Tangerang, Banten, yang selain dimaksudkan sebagai JPO (Jembatan Penyeberangan Orang), juga sebagai gerbang masuk dengan salam Ucapan Selamat Datang ke kota Tangerang, baik kepada warga maupun pengunjung serta pendatang.

Karena jalanan sedang tidak begitu ramai, kami menepi sebentar di pinggir jalan, dan saya turun dari kendaraan untuk mengambil beberapa fot. Jalan MH Thamrin ini cukup lebar, sehingga menepi di jalan tidak mengganggu laju arus kendaraan. Apalagi cuma sebentar ….

jembatan pelengkung tangerang
Lokasi Jembatan Pelengkung berada tidak jauh dari sebuah swalayan besar ini dibangun pada tahun 1999 dan menghabiskan biaya sebesar 2 miliar rupiah (lihat Peta).

Karena tidang ingin berlama-lama berhenti di tepi jalan, saya pun tidak naik ke atas jembatan untuk melihat konstruksi di bagian atasnya, yang mungkin juga menarik untuk dilihat. Jika punya waktu lebih panjang, dengan parkir di tempat terdekat, mungkin ada bagian lain yang menarik pada jembatan ini untuk dilihat.

jembatan pelengkung tangerang
Konstruksi rangka baja Jembatan Pelengkung ini memiliki panjang 65 meter dan lebar 3-5 meter, dengan berat keseluruhan 32 ton. Kawat-kawat baja yang menahan bentang jembatan, dan berpangkal pada busur lengkung menjadi pemandangan tersendiri.

Jembatan Pelengkung yang konon bisa bertahan 50 tahun ini sempat diberitakan di sejumlah media mengalami roboh beberapa waktu yang lalu, namun berita ini kemudian dibantah oleh kepolisian dan pemda kota Tangerang.

jembatan pelengkung tangerang
Pembuatanan Jembatan Pelengkung relatif rebih rumit dibandingkan dengan pembuatan jembatan beton biasa, namun karena tekanan dan beban pada jembatan bisa terbagi merata pada kedua sisinya, maka Jembatan Pelengkung bisa dibuat lebih panjang, selain dari segi estetika kelihatan lebih indah ketimbang jembatan biasa.

Sebuah catatan menyebutkan bahwa jembatan pelengkung di tanah air yang berukuran besar hanya ada di beberapa tempat, diantaranya adalah Jembatan (Pelengkung Baja) Kahayan di Kalimantan Tengah yang panjangnya 150 meter dan Jembatan (Pelengkung Beton) Rempang-Galang di Batam (245m).

Jembatang Pelengkung Tangerang

Jl. MH Thamrin, Cikokol Tangerang (lihat Peta)

Wisata Terdekat Jembatan Pelengkung

Kelenteng Boen Tek Bio (4,2 km) | Situ Gede (4,4 km) | Monumen Palagan Lengkong (11,3 km) | Kelenteng Boen Hay Bio (14,2 km)

Terkait Jembatan Pelengkung
Hotel di Tangerang | Peta Wisata Tangerang | Tempat Wisata di Tangerang

Bagi di FacebookTweetPrint!