Eloknya Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan terletak di bagian barat Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil berpasir putih dengan warna laut biru gradasi hijau.  Sungguh indah dan menenangkan. Dari bandara Lombok International, akses menuju tempat ini dengan menggunakan mobil, atau taxi sekitar 2 jam menuju Pelabuhan Bangsal, dilanjutkan dengan perahu kurang dari 30 menit.

Bisa juga dengan menyewa kapal dari Senggigi atau menggunakan kapal cepat 2 jam dari Bali. Biasanya jika Hari Raya Nyepi, maka turis-turis di Bali yang tidak merayakannya, menghabiskan waktunya dengan berkunjung ke Gili Trawangan.

Fasilitas yang terdapat di Gili Trawangan sangat lengkap. Mulai dari restoran kelas internasional, pusat belajar menyelam dengan lisensi resmi dari PADI, penginapan kelas ransel sampai hotel berbintang, tempat penukaran mata uang asing, bahkan pusat hiburan malam. Tetapi jangan harapkan untuk menemukan kendaraan bermotor di sini. Karena penduduk di Gili Trawangan sepakat untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor untuk mempertahankan udara yang bersih.

Salah satu alat transportasi tradisional Gili Trawangan adalah Cidomo. Sejenis dokar tetapi dengan kapasitas penumpang yang lebih sedikit, selain itu bagi yang senang bersepeda, di Gili Trawangan banyak menyediakan penyewaan sepeda.

Gili Trawangan merupakan komunitas muslim. Penduduk menghormati turis-turis yang datang, tetapi di beberapa lokasi di harapkan agar wanita tidak menggunakan bikini secara sembarangan.


Tradisi Mengarak Pengantin di Gili Trawangan


Warga Turut Berbahagia Berjoget Bersama di Jalan

Jangan lewatkan untuk menunggu matahari terbit di Gili Trawangan. Gunung Agung dan Gunung Rinjani menjadi penghias pemandangan. Setelah itu jangan lekas kembali ke penginapan, karena Gili Trawangan di pagi hari sangat menyenangkan.

Entah untuk berolah raga atau pun sekedar menemani penduduk memancing di dermaga kecil. Jika beruntung, bisa melihat ikan-ikan kecil melompat bersamaan di laut. Disirami oleh cahaya matahari pagi, ikan-ikan itu terlihat seperti sedang memberi pertunjukkan kepada pemancing dan nelayan yang hilir mudik.

Bagi kalian yang senang dengan olah raga laut, Gili Trawangan menyediakan sarana untuk snorkeling. Dengan harga yang menurut saya cukup terjangkau, bisa melihat pemandangan dengan perahu glass bottom. Bagi yang tidak suka berenang atau takut melakukan snorkeling, bisa melihat ikan berenang di bawah perahu.

Titik untuk melakukan snorkeling dilakukan di dua lokasi. Biasanya di sekitar Gili Trawangan dan Gili Air. Saran saya, bawa bekal roti sebagai pancingan ikan. Banyak ikan yang akan menghampiri dan berani mendekat. Di sela-sela perpindahan lokasi, turis akan diantarkan untuk beristirahat atau makan siang di sekitar Gili Air.

Bagi yang ingin belajar menyelam, di Gili Trawangan juga menyediakan penyewaan peralatan untuk menyelam. Bagi yang sudah mahir, bisa mencoba night dive, atau mengunjungi lokasi dimana terdapat koral biru yang terkenal hanya ada di beberapa tempat tertentu, salah satunya di Gili. Jika beruntung, bisa berenang dengan penyu-penyu besar yang dilindungi. Sebagai informasi, salah satu maskapai penerbangan nasional, mendirikan pusat perkembangbiakan penyu di Gili Trawangan.

Setelah puas berenang, kita bisa bermalas-malasan di pinggir pantai sambil menunggu sore datang. Di sekitar pantai disewakan kursi-kursi untuk bersantai. Jika waktu menunjukkan sekitar pukul setengah lima, segera arahkan sepeda atau sewa Cidomo menuju Sunset Bar. Tempat terbaik untuk menikmati pemandangan terbenamnya matahari di Gili Trawangan.

Waktu makan malam tiba, segera arahkan kaki menuju lokasi tempat makan. Hasil laut siap untuk dipilih untuk di santap. Bagi yang tidak suka dengan makanan laut bisa mencari lokasi alternatif. Saya yang terkadang rindu dengan jajanan Indonesia, terkadang memilih untuk makan di sekitar lapangan. Di sana banyak dijual makanan dengan tradisional khas Indonesia.

Beberapa tempat makan di suguhi dengan hiburan live music ataupun house music. Tinggal di pilih sesuai kesukaan masing-masing. Jika masih ada waktu, bisa menghabiskan malam untuk mengobrol dengan teman seperjalanan, ataupun teman baru bertemu di Gili Trawangan. Karena restoran, café maupun tempat minum dibuka sampai larut malam.

rock bar gili trawangan
Rock Bar Gili Trawangan

sunrise gili trawangan
Sunrise di Gili Trawangan

gili trawangan
Menyambut hari di Gili Trawangan

sunset gili trawangan
Sunset di Gili Trawangan

sama-sama bar gili trawangan
Sama-Sama Bar & Bungalow

Sempatkan waktu lebih dari satu hari di Gili, untuk mengunjungi Gili Air dan Gili Meno, karena setiap tempat memiliki keunikannya sendiri.

Gili Trawangan

Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.
GPS: -8.3548928, 116.0430881 (lihat peta)

Terkait
Tempat Wisata di Lombok Utara

Bagi di FacebookTweetPrint!