Curug Ngumpet Gunung Bunder Bogor

Curug Ngumpet adalah satu dari beberapa air terjun berukuran sedang yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Air terjun dan kawasan hutan lindung yang sangat luas ini barangkali tidak seterkenal dan tidak semaju daerah Puncak.

Namun kawasan ini menawarkan pengalaman yang unik, khususnya bagi yang suka menikmati udara segar dalam wilayah hutan rindang yang aman, bersantai di perkemahan, atau melakukan jelajah ringan sampai berat ke beberapa air terjun. Curug Ngumpet yang indah ini ditempuh dalam waktu 2-3 jam dari Jakarta, arah ke Selatan.

Seharusnya saya sudah mengunjungi Curug Ngumpet pada awal-awal saya mengenal daerah ini, namun namanya yang terdengar tidak begitu enak ditelinga telah membuat saya dengan sengaja melewatinya ketika itu. Nama, sebagaimana penampilan, kadang bisa juga menipu.

Curug Ngumpet
Beberapa pengunjung tampak tengah menikmati suasana di depan Curug Ngumpet. Saya merasa cukup beruntung ketika berada di Curug Ngumpet, karena cuaca cukup baik, air tidak begitu deras dan angin tidak begitu kencang sehingga tidak sampai membawa kabut air yang bisa membasahi kamera.

Lokasi Curug Ngumpet ditempuh hanya beberapa menit dengan berjalan kaki dari tempat parkir di tepi jalan, dengan lintasan yang mudah.

Curug Ngumpet
Dengan batuan besar terserak di mana-mana di sepanjang sungai yang membuat saya mudah menemukan tempat aman untuk meletakkan kamera saat memotret dengan kecepatan rendah agar mendapatkan gambar Curug Ngumpet yang halus.

Sebuah trik yang suka saya lakukan ketika sedang tidak membawa tripod.

Curug Ngumpet
Dengan lumut berwarna kehijauan di latar depan memberi kontras yang indah dengan warna air Curug Ngumpet yang putih keperakan di belakangnya.

Curug Ngumpet
Sebuah titik alami yang nyaman untuk menikmati suasana di sekeliling Curug Ngumpet.

Curug Ngumpet terlihat di kejauhan dengan serakan batu dan lumut di sepanjang sungainya.

Curug Ngumpet

TNGHS Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan Bogor (lihat Peta)
Petunjuk Jalan

Wisata Terdekat Curug Ngumpet
Curug Seribu (550 m, belokan ke parkir Curug Seribu) | Curug Cihurang (1,8 km)

Terkait Curug Ngumpet
Hotel di Bogor, Tempat Wisata di Bogor

Share on FacebookTweetPrint!

This entry was tagged