Curug Cadas Ngampar Bogor

Curug Cadas Ngampar merupakan sebuah air terjun di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor, yang akses jalan menuju ke sana dibuka paling belakangan untuk umum. Selain Curug Cadas Ngampar, terdapat pula Curug Putri yang lokasinya berada sedikit ke arah hulu, dan Curug Penganten yang letaknya sedikit terpisah.

Adalah lantaran ada tengara Curug Cadas Ngampar di pinggir jalan utama di dalam kawasan taman nasional itu yang membuat kami tertarik untuk melihatnya. Kendaraan berhenti di tepi jalan dan kami turun untuk berjalan kaki melewati tengara dan sebuah gubug dan pos jaga kosong di dekatnya. Akses masuk merupakan jalan berbatu menurun yang lebar.

Suasana sangat sepi ketika kami berkunjung. Mungkin karena saat itu hari masih pagi, dan belum banyak orang yang tahu tentang keberadaan tempat ini. Bagusnya Taman Nasional Gunung Halimun Salak di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor ini semakin populer di kalangan para penikmat pegunungan karena kaya dengan curug yang alami dan indah.

curug cadas ngampar bogor
Penanda ke Curug Cadas Ngampar yang dipasang di tepian jalan berbatu yang menyimpang dari jalan utama di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Pertigaan ke jalanan berbatu yang menurun ini lokasinya berada di GPS -6.68549,106.68425, beberapa ratus meter setelah melewati gerbang tiket Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor.

Akses jalan berbatu ke arah Curug Cadas Ngampar itu diapit hutan pinus muda yang cukup padat. Sampah daun pinus yang menyerupai jarum panjang berwarna kekuningan terhampar di sepanjang jalan. Ujung jalan ini kemudian berbelok ke kiri. Kami berjalan kaki dengan sedikit berhati-hati agar tidak tersandung batu atau terpeleset.

Ada ruang terbuka dengan tempat duduk bambu di bawah pepohonan beberapa puluh meter setelah belokan, dan ada jalan simpang pada GPS -6.68694, 106.68350. Jika lurus menuju ke Curug Cadas Ngampar dan Curug Putri, dan ke kanan menuju Curug Penganten. Kami memilih lurus, dan setelah melewati jalan menurun kami sampai di pinggir sungai.

curug cadas ngampar bogor
Batuan cadas terhampar luas di sepanjang aliran sungai di sebelah bawah. Cadas yang terhampar atau ngampar inilah yang tampaknya digunakan penduduk sebagai nama curug yang letaknya berada di ujung bebatuan ini. Namun saat itu kami tidak turun ke bawah bebatuan ini dimana terdapat kolam alam di bawah curug yang bisa digunakan untuk mandi.

Di atas bebatuan ini terdapat tandon air sungai dengan air tenang yang bisa digunakan untuk mandi dan berendam, menikmati dingin air pegunungan Halimun Salak. Kondisi alam di sekitar Curug Cadas Ngampar ini sangat alami, dengan sentuhan manusia sangat sedikit. Di sebelah kiri batuan ini terdapat akses jalan berbatu ke arah Curug Putri.

curug cadas ngampar bogor
Curug Putri berketinggian sekitar 7 m dengan lebar kolam di bawahnya 5 m. Aliran airnya cukup pelan dan jernih, sehingga dengan mudah mengundang orang untuk mencebur ke dalam kolamnya. Yang juga menarik adalah tekstur batuan cadas pada tebing di pinggiran curug. Batuan vulkanik yang mungkin terbentuk ribuan atau jutaan tahun yang lalu.

Letak Curug Putri ini sangat dekat dengan hamparan batu yang berada di atas Curug Cadas Ngampar, di aliran sungai yang sama. Setelah beberapa saat di tempat ini, kami berjalan balik hingga sampai di jalan simpang. Setelah sejenak menimbang jarak, kami pun berjalan kaki masuk ke jalan setapak yang menuju ke Curug Penganten.

Curug Penganten dicapai melalui jalan setapak menurun, tidak begitu jauh dari jalan simpang. Hanya saja debit air Curug Pengantin ini saat musim kering tidaklah besar, namun curug ini cukup tinggi, dengan kolam kecil di bawahnya. Bilah bambu dipakai sebagai pegangan bagi pengunjung yang ingin turun mendekati kolam di dasar curug.

Pemandangan ke area persawahan dan perbukitan dari tebing tinggi yang berada di samping Curug Penganten ini cukup memukau. Curug Cadas Ngampar, Curug Puteri dan Curug Pengantin merupakan tempat wisata sederhana namun cukup menyenangkan. Hanya saja ada kabar bahwa curug ini sempat ditutup untuk digunakan sebagai tempat latihan militer.

Curug Cadas Ngampar selengkapnya: 4.Berbatu 5.Perbukitan 6.Landai 7.Area Terbuka 8.Sungai 9.Setapak 10.Celah Batuan 11.Tandon 12.Alami 13.Tebing 14.Tunggal 15.Patahan Tegak 16.Undakan 17.Akses 18.Curug Penganten 19.Rambut 20.Bambu 21.Pemandangan 22.Persawahan 23.Pinus

Curug Cadas Ngampar

Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kec Pamijahan, Bogor (Peta). Curug Putri: -6.68708, 106.68440 . Curug Penganten: -6.68736, 106.68279
Petunjuk Jalan . Curug Cihurang (850 m) . Curug Ngumpet (2,2 km) . Tempat Wisata di Bogor . Peta Wisata Bogor . Hotel di Bogor

Bagi via: Facebook . Twitter . Google+1 . Email . Print!
.