Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur

Dengan jarak yang hanya 14 km dari Cawang UKI, dan diakses dengan mudah lewat Jl Tol Jagorawi, Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur memberi alternatif sangat baik bagi warga Jabodetabek yang ingin menikmati suasana alam terbuka dengan tidur di dalam kemah dan merasakan hangatnya api unggun di malam yang dingin.

Setelah meninggalkan pintu keluar gerbang tol Cibubur sejauh sekitar 500 meter, kendaraan yang kami tumpangi berbelok arah ke sebelah kiri, dan sesaat kemudian terlihat loket pembayaran karcis masuk ke Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, yang lebih dikenal masyarakat umum dengan nama singkatan Buperta Cibubur.

Beberapa meter setelah melewati pintu gerbang Buperta, di sebelah kanan terlihat kantor pemasaran, tempat dimana pengunjung bertemu dengan petugas jika ingin memesan tempat untuk berkemah, baik perorangan atau pun rombongan besar. Di tempat ini pengunjung juga bisa menanyakan segala sesuatu terkait fasilitas yang tersedia bagi pengunjung.

Area Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka ini sungguh luas, bisa memakan waktu setengah hari untuk melihat sepintas semua fasilitas yang ada, dan tentu lebih lama lagi jika ingin menikmatinya satu per satu. Maklum area yang sebelumnya adalah perkebunan karet dan kini banyak diteduhi bermacam pepohonan itu luasnya mencapai 210 ha.

bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur
Lapangan bola Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka yang letaknya di seberang kantor pemasaran dengan panjang lapangan lebih dari 200 meter. Lapangan ini juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya sepanjang tidak sedang digunakan, dan sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pengelola. Setidaknya joggung bisa dilakukan di sini.

Selain area perkemahan yang sangat luas dan kolam renang yang cukup besar, di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur juga terdapat sebuah masjid, pura dan gereja, yang letaknya semuanya berdekatan dalam satu area, sekitar 750 meter dari ujung lapangan bola, arah ke Utara. Ada pula di sana bangunan kapel, dan vihara.

Ke arah Barat Laut di kompleks Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka terdapat Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara yang luasnya mencapai 4800 m2, dimana saya melihat serombongan anak-anak TK tengah dipandu petugas didampingi guru-guru mereka untuk mengenal dan belajar tanda-tanda lalu lintas serta marka jalan dalam ukuran yang sebenarnya.

bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur
Pada foto adalah tenda-tenda yang telah terpasang di salah satu lokasi tapak kemah Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, lengkap dengan alas plastiknya. Pengunjung Buperta bisa menyewa tenda dari mulai kapasitas untuk 6 orang sampai 300 orang, dengan harga mulai Rp.50.000 sampai Rp. 300.000 per malam.

Semua perlengkapan dan kebutuhan berkemah bisa disewa pengunjung di Buperta, dari mulai alas plastik, velbed, kayu bakar, podium, mimbar untuk irup, panggung, gong, kentongan, sistem suara, megafon, lampu tambahan, pendopo, tenda cafe, kursi, meja, hingga tiang bendera. Jika dikehendaki, alas plastik bisa disewa secara terpisah.

Tapak kemah terbagi atas Kelurahan Putra dan Putri yang masing-masing luasnya 40 ha dan terbagi lagi menjadi 5 kelurahan. Pendopo Kelurahan berukuran 9 x 18 M dengan kapasitas per unit 100 orang. Di setiap bangunan Pendopo terdapat lapangan 100×100 m untuk upacara atau kegiatan kelompok. Jumlah fasilitas MCK di Buperta ada 66 unit.

bumi perkemahan dan graha wisata pramuka cibubur
Deretan warung-warung makan sederhana yang membentuk tapal kuda ini berada di dekat lokasi gereja, atau di sebelah Utara masjid. Rumput yang banyak terkelupas menyisakan tanah merah, deret warung tanpa gaya, membuat saya malas untuk mampir. Jika saja dibuat desain yg baik, dengan biaya sama, tentu akan jauh berbeda hasilnya.

Bagaimana pun Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur menyediakan hampir semua yang dibutuhkan untuk bersahabat dengan alam, teman dan keluarga. Di tempat ini ada outbound, paintball, dan mountaineering. Area Kampung Maen berada di ujung utara, dan di sisi Timur terdapat Hutan Arboretum, pemancingan, dan Danau Situ Baru.

Selain tapak kemah dengan beragam pilihan ukuran, Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur juga menyediakan penginapan standar berupa kamar AC maupun Non AC, dengan kapasitas 230 bed. Cukup banyak. Selain itu ada juga wisma yang lokasinya ada di area perkemahan, yang menyediakan kamar AC maupun yang non-AC.

Bumi Perkemahan Dan Graha Wisata Pramuka selengkapnya: 4.Sudirman 5.Tenda 6.Tenda Besar 7.Warung

Bumi Perkemahan Dan Graha Wisata Pramuka

Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Telp 021-8444948, 844 5449, 844 5850, Fax 021-845 5282, 844 5731. E-mail. info@buperta.co.id. GPS: -6.3697553, 106.8967366 (Peta)
Bisa kapan saja datang. Kolam renang dan sepeda air dibuka jam 09.00 – 16.00 setiap hari.
Karcis Masuk Buperta: Pramuka Rp3.000, Pelajar (TK s/d SLTA) Rp4.000, Umum Rp6.000, Mobil Rp8.000, Bus/Truk Rp15.000, Sepeda Motor Rp5.000
Tarif berkemah Buperta: Umum hari pertama Rp. 10.000 / orang, hari kedua Rp. 5.000. Pelajar, hari pertama Rp. 7.500 / orang, hari kedua Rp. 3.500
Kendaraan umum dari Terminal Senen Patas Kowanbisata arah ke Cileungsi turun Jambore, lanjut naik angkot merah T 16, trayek Pasar Rebo – Jambore, turun di depan Buperta Cibubur.
Tanah Abang naik Patas AC 70 B arah ke Cileungsi turun Jambore, lanjut seperti di atas
Cawang (arah ke Cibubur) naik Elf No. 56 turun Jambore
Terminal Tanjung Priok naik patas yg ke cileungsi turun Jambore
Kampung Rambutan naik K 44 Kp. Rambutan – Konsen, atau K 06 Kp. Rambutan – Kranggan, atau KOSUB Kp. Rambutan – Jonggol, turun di depan Buperta Cibubur
Pasar Rebo atau Kiwi naik T 16 turun di depan Buperta
Terminal Laladon Bogor naik Angkutan umum Nomor 5 ke Cileungsi turun di Jambore, lanjut seperti di atas
Tempat Wisata di Jakarta . Peta Wisata Jakarta . Bumi Perkemahan Dan Graha Wisata Pramuka

Share . Tweet . Print!
.